Main Menu

Ditenggelamkan Topan Jebi, Bandara Kansai Mulai Beroperasi

Rosyid
14-09-2018 08:33

Ilustrasi (shutterstock_1173282412/RT)

Osaka, Gatra.com - Bandara Kansai mulai beroperasi kembali setelah ditutup gara-gara topan Jebi melintas Jepang awal bulan ini. Topan paling hebat dalam 25 tahun terakhir yang melintas di Jepang ini menyebabkan bandara tergenang banjir dan harus ditutup sejak 4 September lalu.

 

 

Akibatnya, lebih dari 700 penerbangan gagal karena banjir merendam landasan pacu, taxiways dan tempat parkir. Pesawat yang kebetulan berada di bandara terpaksa ditinggal dan terendam sebagian. Basement bandara bahkan tenggelam.

Begitu dahsyatnya topan itu, sampai-sampai menyeret kapal tanker seberat 2591 ton hingga menabrak struktur beton jembatan penghubung bandara dengan kota terdekat. Bandarai terbesar ke-tiga di Jepang ini memang berada di pulau buatan yang terhubung lewat jembatan ke pulau utama.

Sejak Kamis (13/9)  Terminal 1 dilaporkan kembali beroperasi.  Selanjutnya landas pacu utama akan segera beroperasi. Pengelola bandara berharap runway bisa beroperasi dalam beberapa hari kedepan. Yang masih menjadi persoalan serius adalah perbaikan jembatan penghubung agar layak digunakan.

Menurut laman airwaysmag, Ujicoba operasional runway akan dilakukan Jumat (14/9) pagi ini. Untuk tahap awal hanya untuk penerbangan domestik saja.


Rosyid

Rosyid
14-09-2018 08:33