Main Menu

Segera Disidang Kasus 1MDB, Najib Razak Ditangkap

Birny Birdieni
19-09-2018 16:43

Mantan perdana menteri Malaysia, Najib Razak (Reuters/yus4)

 

Kuala Lumpur, Gatra.com- Komisi Anti-Korupsi Malaysia (MACC) mengatakan bahwa mantan Perdana Menteri Malaysia Najib Razak akan menghadapi tuduhan menyalahgunakan posisinya dan korupsi terkait dengan uang yang diduga tersedot dari dana negara kepada 1Malaysia Development Berhad (1MDB).

Dalam sebuah pernyataannya, (MACC) mengatakan bahwa Lembaga antikorupsi negara itu mengatakan kalau Najib ditangkap pada Rabu (19/9) sore dan akan dibawa ke pengadilan pada hari Kamis (20/9) besok.

Sebelumnya, Najib ditangkap pada 3 Juli lalu, namun kemudian dibebaskan keesokan harinya setelah dibayarkan jaminan oleh kedua anaknya, Mohd Norashman Najib dan Nooryana Najwa Najib sebesar 1 juta ringgit.

Dilansir dari Reuters, MACC menyebut kalau Najib akan menghadapi beberapa tuduhan, di antaranya terkait dengan transfer 2,6 miliar ringgit (US$628 juta) ke dalam akunnya.

Tuduhan itu merujuk Undang-Undang MACC yang berkaitan dengan pelanggaran menggunakan kantor atau posisi untuk gratifikasi.

Sebelumnya, pengacara Najib, Muhammad Shafee Abdullah juga ditangkap karena dituduh melakukan pencucian uang. Ia diduga menerima 9,5 juta ringgit (US$ 2,29 juta) dari Najib.

Tidak hanya itu, Shafee juga menghadapi dua dakwaan deklarasi pajak penghasilan palsu. Namun demikian, ia mengaku tidak bersalah atas dua tuduhan pencucian uang di pengadilan di Kuala Lumpur. 


Birny Birdieni

Birny Birdieni
19-09-2018 16:43