Main Menu

Kapal Fery Terbalik di Danau Victoria, Empat Puluh orang Tewas

Umaya Khusniah
21-09-2018 09:13

Kapal feri MV Nyerere yang terbalik di Danau Victoria, Tanzania.(Reuters/re1)

 

Tanzania, Gatra.com - Empat puluh orang dinyatakan tewas setelah kapal fery yang mereka tumpangi terbalik. Peristiwa naas ini terjadi di Danau Victoria, Tanzania.

Seperti dilansir dari laman bbc.com, kapal ini membawa lebih dari 400 orang. Dalam kecelakaan itu, seratus orang berhasil diselamatkan. Sementara 32 orang dinyatakan kritis.

Seorang pejabat menyatakan, jumlah yang tenggelam bisa lebih dari 200 orang. Upaya pencarian dan penyelamatan sudah dihentikan pada Jumat pagi waktu setempat.

Feri MV Nyerere terbalik di dekat pantai antara pulau Ukora dan Bugolora. Kemungkinan, kapal ini terbalik saat berlabuh karena banyak penumpang yang naik di salah satu sisi kapal.

Jumlah penumpang dan jumlah korban, sampai berita ini diturunkan belum ada konfirmasi pasti. Seorang pejabat menyatakan orang yang membagikan tiket untuk perjalanan juga meninggal. mesin merekam data yang turut hilang saat kejadian.

"Kami berdoa kepada Tuhan untuk memberi kami harapan dalam kecelakaan seperti itu," kata Komisaris Regional Adam Malima kepada wartawan.

Proses evakuasi korban dilakukan oleh tim darurat dibantu warga setempat pada Kamis sore waktu setempat.

Tanzania dan Sejarah Bencana

Tanzania memiliki sejumlah catatan kecelakaan perairan. Penyebab kecelakaan didominasi jumlah penumpang kapal yang melebihi kapasitas.

Pada tahun 2012, setidaknya 145 orang tewas ketika sebuah feri tenggelam di Samudra Hindia. Kapal ini mengangkut orang dari Pulau Zanzibar.

Setahun sebelumnya, hampir 200 orang tewas dalam insiden besar di lepas pantai Zanzibar. Ratusan orang selamat. Beberapa ditemukan terapung di atas kasur dan lemari es.

Pada tahun 1996, lebih dari 800 orang meninggal ketika MV Bukoba terbalik di Danau Victoria. Kecelakaan ini tercatat merupakan salah satu bencana kapal feri terburuk abad terakhir.


Umaya Khusniah

Umaya Khusniah
21-09-2018 09:13