Main Menu

Toyota Ingin Hadirkan Celica dan MR2 Lagi

Rosyid
21-09-2018 11:42

Ilustrasi.(reuters/re1)

Jakarta, Gatra.com - Toyota Celica dan Toyota MR, dua sports car kompak di era 90-an hingga awal 2000-an kemungkinan akan hadir kembali. Seperti proyek Toyota Supra yang bekerjasama dengan BWM, melahirkan kembali Celica dan MR2 juga akan menggandeng pihak ketiga.

 

 

Hal itu diungkapkan Masayuki Kai assistant chief engineer proyek Toyota Supra. "Kami ingin menghadirkan kembali Celica, juga MR2," katanya. "Yang paling besar Supra. Supra itu nomer satu, permintaan pasar paling besar saat ini. Nah, setelah kami membawa Supra kembali, langkah selanjutnya tergantung kebutuhan pasar," katanya seperti dilaporkan laman the Drive.

"Proses pengembangan sports car kini semakin mahal, jadi satu perusahaan saja tidak akan sanggup menanggung investasi untuk parts dan componen, karena volumenya sangat kecil. Sports car membutuhkan komponen spesifik yang cukup banyak yang tidak bisa dipakai mobil lain," katanya. Dia lalu mencontohkan suspensi yang digunakan Supra, tidak bisa dipakai sedan lain seperti Camry atau Corolla. Karena volume produksinya terbatas, maka harga satuannya tidak bisa ditekan dan jatuhnya mahal.

Faktor lain yang diungkapkan adalah persoalan homologasi yang semakin rumit dan sulit.

Dia menceritakan, Toyota membagi beban biaya pengembangan dengan BMW yang kebetulan juga sedang mempersiapkan generasi baru penerus BMW Z4. Toyota Supra generasi terbaru yang dikendal dengan kode A90 dan generasi terbaru BMW Z4 dengan kode G29 menggunakan platform yang sama, kemungkinan juga sistem penggerak utama seperti mesin dan transmisi.

Kerjasama serupa juga dilakukan Toyota dengan Subaru ketika melahirkan spors car Toyota 86 dan Subaru BRZ. Jika tidak ada kerjasama berbagi biaya riset dan pengembangan, Supra baru dan Z4 baru tidak akan terwujud.

Rosyid
21-09-2018 11:42