Main Menu

Mempererat Hubungan RI - Senegal

Dwitri Waluyo
30-05-2012 11:34

 

Andradjati bersama Presiden Macky SallDakar, Senegal - Duta Besar LBBP RI Andradjati telah menyerahkan Credentials kepada Presiden Senegal, Macky Sall, di Istana Kepresidenan Senegal. Dalam acara penyerahan surat-surat kepercayaan tersebut, Dubes LBBP RI didampingi oleh Pelaksana Fungsi Ekonomi, Pelaksana Fungsi Pensosbud dan Pelaksana Fungsi Protkons.

Upacara penyerahan surat-surat kepercayaan yang dilakukan beberapa waktu lalu itu, diawali dengan pemeriksaan barisan kehormatan oleh Dubes RI, didampingi oleh Kepala Protokol Kepresidenan Senegal, Mr. Bruno Diatta. Kepala Protokol Kepresidenan kemudian mendampingi Dubes RI ke dalam Istana untuk menyerahkan surat-surat kepercayaan kepada Presiden Macky Sall.



Setelah penyerahan surat-surat kepercayaan, Dubes RI berkesempatan melakukan audiensi dengan Presiden Macky Sall. Dalam kesempatan itu Macky Sall didampingi  Penasehat Kepresidenan bidang Diplomasi, Mr. Oumar Demba Ba. Dubes RI menyampaikan salam hangat Presiden Susilo Bambang Yudhoyono beserta rakyat Indonesia. Dubes RI secara pribadi juga menyampaikan selamat atas pelantikan H.E. Mr. Macky Sall sebagai Presiden Senegal yang baru.

Lebih lanjut, Dubes RI menyampaikan bahwa kerja sama antara Indonesia dan Senegal selama ini telah berjalan dengan baik. Oleh sebab itu, Dubes RI menyambut baik pembukaan Kedubes Senegal di Jakarta yang akan semakin memperkuat kerja sama antara kedua negara.

Berkenaan dengan hal tersebut, disampaikan pula komitmen Indonesia untuk meningkatkan kerja sama di bidang ekonomi, kerja sama teknis, pertanian, kesehatan, serta sosial budaya melalui kerja sama pendidikan dan pengembangan people-to-people contact.

Selain kerja sama pada tingkat bilateral, Dubes RI menyampaikan bahwa kerja sama antara Indonesia dan Senegal di berbagai fora internasional juga terjalin dengan sangat erat. Disebutkan pula bahwa Senegal memiliki peran penting di kawasan Afrika dan dunia internasional, sehingga diharapkan Indonesia dan Senegal dapat mengembangkan kesepahaman dan berbagi pandangan dalam membina hubungan kerja sama, baik di tingkat bilateral maupun multilateral.

Sebagai penutup, Dubes RI menyampaikan terima kasih kepada Presiden Macky Sall atas sambutan hangatnya dan komitmen untuk senantiasa menjalin komunikasi dengan pejabat-pejabat terkait di Senegal guna mencapai tujuan kerja sama yang diharapkan.

Dalam tanggapannya, Presiden Macky Sall, menyampaikan salam hangat kepada Presiden RI dan seluruh rakyat Indonesia. Indonesia dinilai memiliki arti penting bagi Senegal karena memiliki sumber daya alam yang melimpah serta teknologi yang lebih maju sehingga menjadi modal yang kuat bagi peningkatan kerja sama kedua negara.

Presiden Macky Sall kemudian menjelaskan secara singkat mengenai kebijakan pemerintahannya yang difokuskan kepada pembangunan ekonomi bagi kemakmuran rakyat Senegal. Kebijakan tersebut dilakukan antara lain melalui perampingan struktur kabinet dan badan-badan pemerintahan di Senegal, serta pengurangan jumlah kantor perwakilan Diplomatik Senegal di luar negeri. Ditegaskan bahwa pengurangan kantor perwakilan diplomatik tersebut dilakukan semata atas dasar efisiensi anggaran dan tidak terkait dengan hubungan yang kurang baik antara Senegal dengan negara mitra.

Terkait dengan hubungan kerja sama antara Senegal dan Indonesia, Presiden Macky Sall sependapat bahwa kedua negara perlu terus mengembangkan kerja sama di berbagai bidang, termasuk di bidang infrastruktur dan industri.

Pada kerja sama di tingkat multilateral, Presiden Macky Sall menyampaikan komitmen Senegal untuk terus meningkatkan kerja sama dengan Indonesia di berbagai fora internasional. Presiden Macky Sall menegaskan perlu adanya kesamaan pandangan dan aspirasi di antara kedua negara dalam menghadapi permasalahan yang muncul di dunia internasional.

Pada akhir audiensi, sebagaimana disampaikan Rheinhard Sinaga selaku Fungsi Penerangan KBRI Dakar, Presiden Macky Sall menyampaikan komitmen jajaran pemerintahan Senegal untuk bekerja sama dan memfasilitasi pelaksanaan misi Dubes RI di Senegal. (DT){jcomments on}

Dwitri Waluyo
30-05-2012 11:34