Main Menu

Boko Haram Sumpah Setia pada ISIS

Tian Arief
08-03-2015 08:47

Maidiguri, GATRAnews - Kelompok garis keras Boko Haram menyatakan sumpah setianya kepada Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS), yang disampaikan dalam pesan audio yang disiarkan secara online, Sabtu (7/3) waktu setempat. Ini dilakukan setelah tiga bom mengguncang Nigeria timur laut, yang menewaskan 58 orang tewas dan puluhan lainnya terluka.

"Kami mengumumkan kesetiaan kami kepada Khalifah umat muslim, Ibrahim ibn Awad ibn Ibrahim al-Husseini al-Qurashi," kata pemimpin Boko Haram, Abubakar Shekau, sambil menyebut nama pemimpin ISIS Abu Bakr al-Baghdadi.

Bagi Shekau, janji itu disampaikannya karena tugas suci agama Islam, dan itu, menurutnya, akan membuat marah musuh-musuh Tuhan.

Pidato Shekau yang disampaikan selama delapan menit itu, dipublikasikan pada akun Twitter yang digunakan oleh Boko Haram, yang kemudian diterjemahkan ke dalam Bahasa Inggris, Prancis dan Arab. Demikian laporan Reuters yang dikutip Antara.

Sementara itu, pengamat militan Islam Aaron Zelin menilai sulit menaksir dampak jangka pendek dari pernyataan Shekau.

"Selama bertahun-tahun ada rumor yang menyebutkan AQIM (Al-Qaeda wilayah magribi Islam) atau Al-Shebab namun tidak pernah ada keterangan definitif dan kini (Boko Haram) mengutuskan keputusan ini dengan terus terang," kata Skehau.


Editor: Tian Arief

{jcomments on}

Tian Arief
08-03-2015 08:47