Main Menu

ISIS di Balik Penyerangan Museum Bardo

Arif Prasetyo
20-03-2015 06:14

Tunisia, GATRAnews – Pemerintah Tunisia mengatakan akan mengerahkan tentara ke kota-kota besar dan menangkap sembilan orang tersangka penembakan di museum Bardo pada Kamis kemarin, setelah 20 wisatawan asing tewas tertembak dalam serangan itu.


Wisatawan asing yang tewas antara lain dari Jepang, Italia, Spanyol dan Inggri, serta tiga warga Tunisia, termasuk di antara korban serangan itu. Demikian dilansir laman Reuters, Kamis (19/3).

Para pejabat belum menerima klaim siapa yang bertanggung jawab terhadap serangan itu, tapi mereka mengatakan telah mengidentifikasi dua orang bersenjata yang ditembak mati oleh pasukan keamanan.

Pemerintah Tunisia mengatakan, dua orang bersenjata yang tewas itu pernah mendapat pelatihan di sebuah kamp jihad di Libya. Pejabat kementerian dalam negeri Rafik Chelli mengatakan kedua orang telah direkrut di masjid-masjid di Tunisia dan melakukan perjalanan ke Libya pada bulan September.

Tunisia merupakan salah satu kontingen terbesar yang bergabung di Suriah, Irak dan Libya.

Dua militan tewas diidentifikasi warga Tunisia adalah Hatem al-Khashnawi dan Yassin al-Abidi. Dua surat kabar lokal melaporkan Abidi telah menghabiskan waktu di Irak dan Libya, namun para pejabat tidak mengkonfirmasi.

Perdana Menteri Tunisia Habib Essid mengatakan Abidi telah berada di bawah pengawasan pihak keamanan, tetapi "tidak untuk sesuatu yang sangat istimewa".

"Kami telah mengidentifikasi mereka, dua teroris ini," kata Perdana Menteri melalui radio Prancis RTL.

Pihak berwenang Tunisia mengatakan telah menangkap empat orang yang terkait langsung dengan serangan itu dan lima orang lain dengan ikatan tidak langsung. Sebuah sumber keamanan mengatakan dua anggota keluarga dari salah satu pria bersenjata di antara mereka yang ditahan.

"Kami menangkap ayah dan adik dari teroris Hatem Al-Khashnawi di rumah mereka di Sbiba City," kata sumber itu kepada Reuters.{jcomments on}


Editor: Arief Prasetyo

Arif Prasetyo
20-03-2015 06:14