Main Menu

Andradjati Menyerahkan Credentials Dubeske Presiden Sierra Leone

Dwitri Waluyo
30-07-2012 12:23

Andradjati bersama Presiden .M. Dr. Ernest Bai KoromaPada tanggal 27 Juli 2007, Dubes LBBP RI untuk Republik Sierra Leone, Andradjati, telah menyerahkan Surat-surat Kepercayaan kepada Presiden Sierra Leone, Y.M. Dr. Ernest Bai Koroma, di State House (Istana Presiden) Sierra Leone. Pada upacara penyerahan Surat-surat kepercayaan tersebut, Dubes RI didampingi oleh Ibu Nidalia D.M Andradjati dan Pejabat Penerangan dan Sosial Budaya KBRI Dakar.

Demikian informasi yang diterima Gatranews dari Rheinhard Sinaga, Sekretaris Kedua, Pejabat Penerangan KBRI Dakar.



Disebutkan, bahwa satu hari sebelum penyerahan Surat-surat kepercayaan kepada Presiden Koroma, Dubes RI menyerahkan salinan Surat-surat kepercayaan kepada Menteri Luar Negeri dan Kerja Sama Internasional Sierra Leone, Hon. Joseph Bandabla Dauda. Menlu Sierra Leone menyampaikan selamat datang kepada Dubes RI dan berharap kedua negara dapat terus mengembangkan kerja sama yang saling menguntungkan. Pada hari yang sama, Dubes RI juga telah melakukan pertemuan dengan Direktur Asia dan Timur Tengah Kemlu Sierra Leone.

Pada hari pelaksanaan upacara penyerahaan Surat-Surat Kepercayaan, Dubes RI beserta rombongan berangkat ke Istana Presiden dengan pengawalan protokol Istana. Setelah Dubes RI tiba di Istana, dikumandangkan lagu kebangsaan Indonesia Raya yang dibawakan oleh korps musik istana, dilanjutkan dengan pemeriksaan barisan kehormatan pasukan pengawal presiden oleh Dubes RI.

Sebelum memasuki ruang upacara, Dubes RI dan rombongan menunggu di ruang tunggu tamu presiden. Pada upacara penyerahan Surat-surat Kepercayaan, turut hadir Wakil Presiden Sierra Leone dan beberapa anggota kabinet serta Wakil Menteri Luar Negeri. Bersamaan dengan penyerahan Surat-surat Kepercayaan Dubes RI, juga telah dilakukan penyerahan Surat-surat Kepercayaan Dubes Afrika Selatan dan Dubes Trinidad and Tobago.

Pada upacara penyerahan Surat-surat Kepercayaan, Dubes RI menyampaikan pidato yang diawali dengan menyampaikan salam hangat dari Presiden RI, DR. Susilo Bambang Yudhoyono, dan rakyat Indonesia kepada Presiden Koroma dan rakyat Sierra Leone. Kemudian, Dubes RI menjelaskan misinya sebagai Kepala Perwakilan RI, yakni untuk meningkatkan hubungan kerja sama kedua negara tersebut secara lebih substantif di segala bidang, khususnya bidang ekonomi, perdagangan, pendidikan, dan peningkatan kerjasama people-to-people-contact.

Dalam pidato balasannya, Presiden Koroma menyampaikan salam hangat kepada Presiden RI dan menyampaikan pentingnya peran RI dalam kerjasama Selatan-Selatan dan Gerakan Non-Blok. Presiden Koroma juga menyampaikan bahwa Sierra Leone mengharapkan investasi dari Indonesia di Sierra Leone, khususnya di bidang pertambangan minyak, berlian, dan sumber daya alam lainnya. Presiden menyampaikan bahwa dengan pertumbuhan ekonomi Sierra Leone sebesar 32,6%, yang merupakan pertumbuhan ekonomi terbesar di dunia, adalah kondisi yang kondusif untuk berinvestasi di Sierra Leone.

Usai penyerahan Surat-surat Kepercayaan, Dubes RI melakukan ramah-tamah dengan Wakil Menteri Luar Negeri dan pada kesempatan tersebut, Wakil Menlu Sierra Leone mengharapkan Pemerintah RI dapat memberikan bantuan peralatan kaki/tangan palsu untuk para korban ranjau darat akibat perang saudara di Sierra Leone. Selain itu, Kemlu Sierra Leone juga mengharapkan Pemerintah RI dapat memberikan pelatihan/pendidikan diplomatik bagi diplomat muda Sierra Leon. [DT]{jcomments on}

 

Dwitri Waluyo
30-07-2012 12:23