Main Menu

Puing Yang Diduga MH370 Ditemukan di Mozambik

Tian Arief
03-03-2016 11:39

Puing dari pesawat Malaysia Airlines dengan nomor penerbangan MH370 ditemukan di Mozambik (AFP/Adrien Barbier/HR02)

Jakarta, GATRAnews - Pemerintah Australia dan Malaysia berusaha mendapatkan bagian puing yang terdampar di pantai Mozambik, yang diperkirakan berasal dari pesawat yang hilang misterius; Malaysia Airlines dengan nomor penerbangan MH370. CNN, NBC dan AP, Kamis (3/3), melaporkan, menurut seorang pejabat AS, puing itu kemungkinan milik Boeing 777 berpenumpang 239 yang hilang pada 8 Maret 2015.

Menteri Transportasi Malaysia Liow Tiong Lai, lewat aku Twitter menyebutkan, kemungkinan besar puing yang ditemukan di Mozambik itu berasal dari pesawat Boeing 777. "Berdasarkan laporan awal, kemungkinan besar puing yang ditemukan di Mozambik itu milik sebuah B777," kata Lai.

"Saya meminta semua pihak untuk tidak berspekulasi karena sampai detik ini pun kami belum menyimpulkan bahwa puing itu milik #mh370," tuturnya, seperti dilansir Antara.

Sementara itu, juru bicara badan keselamatan penerbangan Australia ATSB, kepada Fairfax Media menyampaikan, badan ini tengah berusaha mendapatkan puing yang dimaksud.

"ATSB tengah menjalin kontak dengan pemerintah Mozambik dan Malaysia, demi memastikan bahwa bagian puing itu aman untuk diteliti," kata juru bicara yang tak disebutkan namanya itu, seperti dikutip Sydney Morning Herald.

Puing yang ditemukan ini disebut-sebut sebagai bagian dari stabilizer horizontal, dan saat ini tengah dikirim ke Malaysia.

NBC melaporkan, puing terbaru yang ditemukan di Mozambik ini berada di sudut yang sama di Samudera India ketika tahun lalu puing serupa ditemukan di Pulau La Reunion.


Editor: Tian Arief

Tian Arief
03-03-2016 11:39