Main Menu

Kamp Pengungsi Terbesar di Dunia Terancam Tutup

Rosyid
17-11-2016 09:38

Kampleks pengungsi di Dadaap (AFP Photo/yus4)

Nairobi, GATRANews - Komisaris Tinggi PBB untuk Pengungsi berhasil menyakinkan Pemerintah Kenya untuk menunda penutupan kamp pengungsi terbesar di dunia, Dadaab hingga enam bulan kedepan. Sebelumnya Pemerintah Kenya telah menjadwalkan untuk menutup kamp yang dihunia ratusan ribun pengungsi Somalia itu pada bulan ini. 

 

"Saya ingin mengumumkan bahwa pemerintah telah menerima permintaan untuk memperpanjang batas waktu penyelesaian pemulangan pengungsi Somalia dan penutupan kompleks pengungsi Dadaab selama enam bulan," kata Menteri Dalam Negeri Kenya Joseph Nkaissery  di sebuah konferensi pers, seperti diwartakan AFPdan Antara, Rabu (17/11/16).

 

Nkaissery mengatakan sebuah program pemulangan secara menyeluruh akan dijalankan bulan depan di kamp tersebut, yang menjadi rumah bagi ratusan ribu pengungsi, sebagian besar berasal dari Somalia.

 

"Pemulangan mereka akan terus dilanjutkan dengan cara yang manusiawi dan terhormat," ujarnya.

 

Pemerintah mengumumkan pada Mei bahwa kamp terbesar di dunia, Dadaab di Kenya barat laut akan ditutup untuk alasan keamanan. 

 

Dabaab adalah kawasan tandus berpasir yang terletak di perbatasan Kenya dan Somalia. Saat ini sekitar 280,000 menerima bantuan makanan dan tempat tinggal serta pendidikan. Kamp ini sudah beroperasi selama 25 tahun. 


 

Editor: Rosyid

Rosyid
17-11-2016 09:38