Main Menu

Mesir Berangus Sindikat Pedagang Organ Terbesar

Rosyid
07-12-2016 08:06

Kairo, GATRANews - Mesir membongkar jaringan perdagangan organ tubuh manusia terbesar dalam sejarah negeri itu.  Pihak keamanan menahan 45 orang serta menyita jutaan dolar dalam  penggerebekan.


Kementrian Kesehatan Mesir menyatakan bahwa Pelaku memanfaatkan keadaan ekonomi sejumlah warga Mesir, untuk mendapatkan keuntungan besar menjual organ untuk pasien, yang membutuhkan donor.

Pnyelidikan yang dilakukan Kementerian Kesehatan dan Otoritas Pengawasan Administrasi -badan anti korupsi Mesir fokus pada sejumlah rumah sakit swasta, pusat kesehatan berizin dan tidak yang dicurigai menjadi tempat terjadi transaksi organ digerebek.

Menurut Reuters, sejumlah dokter yang ditahan bekerja di lembaga ternama, diantaranya fakultas kedokteran Universitas Kairo dan Ain Sham, dua institusi pendidikan tinggi terbesar di Mesir.

Penjualan organ dilarang di Mesir, tetapi kemiskinan memaksa sejumlah warga menjual jaringan tubuhnya ke pembeli asing dalam transaksi ilegal.

Menurut sejumlah media di Mesir sindikat penjualorgan menyasar pengungsi dari Afrika yang putus asa ingin mendapat uang untuk membiayai perjalanan mereka ke Eropa via perahu. Namun laporan itu masih perlu diverifikasi ulang.



Editor: Rosyid

Rosyid
07-12-2016 08:06