Main Menu

Pertemuan Jokowi - Zuma Hasilkan 3 MoU

Ervan
08-03-2017 18:29

Jakarta, GATRAnews - Presiden Joko Widodo menerima kunjungan kenegaraan Presiden Afrika Selatan Jacob Gedleyihlekisa Zuma. Presiden Zuma yang datang bersama Ibu Bongi Zuma tiba sekitar pukul 15.00 WIB di halaman Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (8/3). Pertemuan kedua kepala negara ini menghasilkan tiga nota kesepahaman yang diharapkan akan semakin memperkuat kerja sama dalam berbagai bidang.

 

"Dalam kunjungan ini, telah ditandatangani tiga MoU di bidang pembebasan visa bagi pemegang paspor diplomatik dan dinas, pelatihan dan pendidikan diplomatik, serta rencana aksi kemitraan strategis Indonesia-Afrika Selatan 2017-2021," tuturnya.

 

Mendukung pernyataan Presiden Joko Widodo terkait hambatan perdagangan, Presiden Zuma juga menyatakan kesiapannya untuk bergerak menuju penghapusan hambatan perdagangan kedua negara.

 

"Kami telah sepakat untuk memperkuat kerja sama dalam bisnis, perdagangan, dan investasi, pertanian, pertahanan, dan berjalan ke arah penghapusan hambatan perdagangan antara negara kita," ucap Zuma.

 

Kepada Presiden Joko Widodo, Zuma juga menyatakan siap mendukung realisasi dari hasil kesepakatan pada penyelenggaraan KTT IORA kemarin. Tak lupa, ia sekaligus menyampaikan apresiasinya atas keberhasilan kepemimpinan Indonesia pada IORA.

 

"Kami juga sepakat untuk bekerja bersama-sama dalam merealisasikan aspirasi negara-negara anggota Asosiasi Negara Lingkar Samudra Hindia (IORA) yang dicapai minggu ini di Jakarta. Kami ucapkan selamat kepada Presiden Joko Widodo atas penyelenggaraan KTT IORA yang sangat baik dan kepemimpinannya di IORA," ujarnya.

 

Hadir mendampingi Presiden, Menteri Koordinator bidang Perekonomian Darmin Nasution, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita, Menteri Ristek dan Pendidikan Tinggi M Nasir, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti.


Reporter: Ervan Bayu

Editor: Dani Hamdani

 

 

Ervan
08-03-2017 18:29