Main Menu

Keluarga Mandela Gelar Pertemuan Darurat

Dani Hamdani
26-06-2013 00:02

Cape Town, GATRAnews - Putri sulung mantan presiden Afrika Selatan Nelson Mandela, Makaziwe, Selasa, telah mengadakan pertemuan darurat keluarga guna membahas masalah sensitif, sementara Mandela tetap berada dalam kondisi kritis di rumah sakit.
 
Pertemuan tersebut diadakan di Desa Qunu di Provinsi Eastern Cape, kata South African Broadcasting Corporation (SABC). Qunu adalah tempat Mandela menghabiskan masa kanak-kanak paling bahagianya.
 
 
Antara melaporkan, Makaziwe tiba di Qunu, dengan ditemani oleh adiknya, Zenani, dan cucu Mandela--Ndaba--serta Menteri Administrasi dan Layanan Masyarakat Lindiwe Sisulu, kata laporan tersebut.
 
 
Pemimpin Gerakan Demokrasi Bersatu (UDM) Bantu Holomisa tiba sebelumnya dengan naik pesawat terpisah, seperti dikutip Xinhua.
 
 
Pertemuan semacam itu lazim diselenggarakan dalam adat budaya Xhosa ketika seorang anggota keluarga sedang sakit parah. Dan Mandela berasal dari suku Xhosa.
 
 
Pertemuan tersebut diadakan setelah Presiden Jacob Zuma, Minggu, menyebutkan bahwa kesehatan Mandela telah memburuk dan ia berada "dalam kondisi kritis".
 
 
Mandela dibawa ke rumah sakit pada 8 Juni, karena infeksi paru-parunya kambuh.
 
 
Kendati menjalani perawatan intensif di Rumah Sakit Jantung Madiklinik di Pretoria, kesehatan pahlawan anti-apartheid yang berusia 94 tahun itu tampaknya secara tiba-tiba dan dramatis telah memburuk dalam beberapa hari belakangan.
 
 
Itu adalah untuk keempat kali dan perawatan rumah sakit paling lama bagi Mandela sejak Desember tahun lalu. (Dh)
Dani Hamdani
26-06-2013 00:02