Main Menu

Diplomasi Perempuan ala Indonesia dan Senegal

Nur Hidayat
24-07-2013 05:44

Dakar, GATRAnews - "You are my sister!", kata Ibu Negara Senegal, Mariame Macky Sall, dalam memulai pertemuan dengan Nidalia Andradjati, istri Duta Besar RI Dakar, di Istana Negara Senegal, Senin (22/07). Pertemuan seperti ini tergolong jarang terjadi di Senegal, di mana istri Kepala Perwakilan asing dapat bertemu langsung secara khusus secara empat mata di Istana Negara.

 

Pertemuan berlangsung dengan akrab dan bersahabat tanpa protokoler. Dalam pertemuan tersebut, Mariame Macky Sall menyampaikan keinginannya untuk meningkatkan kapasitas perempuan Senegal, khususnya mereka yang tinggal di pedesaan, untuk bisa menaikkan penghasilan mereka dalam menghidupi keluarga. Menyikapi keinginan ini, Nidalia Andradjati menyampaikan bahwa Senegal dapat bekerja-sama dengan Indonesia dalam peningkatan kapasitas perempuan, salah satunya keterampilan menenun.

 

Terkait hal ini, Nidalia Andradjati juga menyebut Yayasan Citra Tenun Indonesia, yang diprakarsai oleh Ani Yudhoyono dan diketuai oleh Okke Hatta Rajasa, sebagai salah satu pilihan yang tepat yang bisa diajak bekerja-sama. Mariame Macky Sall cukup antusias dengan usulan kerja sama ini mengingat Senegal juga terkenal dengan kerajinan pakaian khas Senegal.

 

"Saya mengundang Ibu untuk datang ke Indonesia untuk melihat secara langsung kerajinan tenun Indonesia," kata Nidalia Andradjati. "Terima kasih, ide yang baik. Saya sangat kagum dengan Indonesia dan dengan senang hati mau berkunjung ke Indonesia," jawab Mariame Macky Sall.

 

Dalam pertemuan tersebut Nidalia Andradjati memberikan sepasang baju Batik khas Indonesia, peci Tapis (khas Lampung) dan peci hitam yang dipesan khusus untuk Presiden Macky Sall serta sejumlah informasi pariwisata Indonesia. Mariame Macky Sall juga memberikan tanda mata berupa taplak meja khas Senegal. "Saya juga mau berkunjung dan melihat Wisma Duta Indonesia," kata Mariame Macky Sall sambil menutup pembicaraan. (Nhi/KBRI Senegal)

Nur Hidayat
24-07-2013 05:44