Main Menu

Marty: Belum Ada Rencana Evakuasi WNI di Mesir

Dani Hamdani
17-08-2013 16:10

Marty Natalegawa (REUTERS/Kham)Jakarta, GATRAnews - Pemerintah Indonesia belum punya rencana mengevakuasi warga negara Indonesia di Mesir seiring dengan memanasnya krisis di negara itu pasca-penggulingan Mohammad Mursi. Di sisi lain, pemerintah sejauh ini telah meminta warga negara Indonesia (WNI) di Mesir untuk menghindari tempat-tempat beresiko konflik dan tidak terlibat dalam segala bentuk kegiatan yang dapat membahayakan diri.

"Tentunya yang menjadi tujuan utama kita adalah keselamatan warga negara kita apakah itu melalui repatriasi atau pemulangan. Saat ini disimpulkan belum memerlukan adanya evakuasi," kata Menteri Luar Negeri Marty Natalegawa di Istana Merdeka, Jakarta, Sabtu (17/8), usai upacara peringatan Hari Ulang Tahun ke-68 Proklamasi Kemerdekaan RI.

Pemerintah juga menyarankan warga negara Indonesia sementara waktu tidak melakukan perjalanan ke Mesir. "Kementerian Luar Negeri memberikan saran agar warga negara kita menghindari berkunjung ke Mesir," katanya seperti dikutip Antara.

Hingga saat ini Kementerian Luar Negeri masih menerima laporan kelompok wisatawan yang berkunjung ke Kairo.

Marty juga mengatakan, jika ada warga negara Indonesia yang ingin membantu rakyat Mesir hendaknya disalurkan melalui sarana yang tepat seperti penggalangan dana melalui Palang Merah. (Dh) {jcomments on}

Dani Hamdani
17-08-2013 16:10