Main Menu

Mubarak Bebas dari Tuduhan Korupsi

Tian Arief
20-08-2013 11:46

Kairo, GATRAnews - Mantan Presiden Mesir Hosni Mubarak bisa sedikit bernapas lega. Ia dibebaskan oleh pengadilan Mesir, pada Senin (19/8), dari dakwaan korupsi yang menjeratnya. Namun ia masih harus menghadapi tuduhan lainnya; pembunuhan pengunjuk rasa yang menggulingkannya dari tampuk kekuasaan.

Hosni Mubarak, menurut laporan jejaring media resmi Ahram, yang dikutip Antara, pada Senin, dibebaskan dari dakwaan penjarahan dana yang dialokasikan bagi pemeliharaan istana presiden.

Dalam sidang pemeriksaan pertama, Pengadilan Pidana Kairo juga memutuskan untuk memenjarakan dua putra Mubarak--Alaa dan Gamal-- sambil menunggu penyelidikan dalam kasus yang sama.

Pengadilan juga memerintahkan agar dokumen kasus tersebut dikembalikan ke jaksa penuntut umum untuk pengajuan tuntutan terhadap empat tersangka lain.

Mubarak dan dua putranya tidak tampil di pengadilan karena alasan keamanan. Ia masih menghadapi pengadilan-ulang mengenai tuntutan terlibat dalam pembunuhan pemrotes selama kerusuhan 2011, yang menggulingkannya.

Pada Sabtu, satu pengadilan Mesir menunda pengadilan ulang mantan presiden tersebut dengan tuduhan kematian pemrotes pada 25 Agustus, di tengah kerusuhan yang dipicu antara pengikut Ikhwanul Muslimin dan pasukan keamanan setelah penggulingan pengganti Mubarak, Mohamed Moursi. (TMA){jcomments on}

Tian Arief
20-08-2013 11:46