Main Menu

Pemerintah Siapkan Rencana Evakuasi WNI dari Mesir

Dani Hamdani
20-08-2013 23:18

Aksi Damai Solidaritas Peduli Mesir (REUTERS/Beawiharta)Jakarta, GATRAnews - Mengantisipasi dinamika di Mesir yang tidak kunjung aman, Pemerintah sedang mempersiapkan evakuasi warga negara Indonesia (WNI) dari Mesir. "Kedutaan Besar Republik Indonesia di Kairo, saat ini tengah mendata WNI di Mesir dan membuat prioritas tahapan WNI yg akan dievakuasi untuk kembali ke Indonesia," kata Menko Polhukam Djoko Suyanto melalui pesan tertulisnya, di Jakarta, Selasa (20/8) malam.

"Setiap WNI di Mesir dihimbau untuk terus berkoordinasi dengan Kedutaan RI di Kairo agar keselamatan dan pelayanan terhadap mereka bisa dilakukan dengan baik," pesan Menko Polhukam.

Saat ini diperkirakan ada ribuan WNI yang tinggal di Mesir, selain ada yang bekerja sebagai professional di perusahaan-perusahaan setempat atau perusahaan investor asing di negara itu, WNI di Mesir ada yang juga menjadi tenaga kerja Indonesia, baik sektor domestik maupun menjadi tenaga terampil.

Selain itu, ada ribuan mahasiswa Indonesia yang belajar di Mesir, utamanya di Universitas Al-Azhar, Kairo.

Sejauh ini belum ada informasi mengenai keterlibatan WNI dalam gejolak politik di Mesir, baik yang mendukung pemerintahan militer maupun yang berada di belakang pendukung mantan presiden Mohammad Mursi.

Sementara konflik antara pendukung pemerintahan militer dan pendukung mantan presiden Mursi belum ada tanda-tanda kondusif, meski sudah ratusan warga menjadi korban. (DH) {jcomments on}

Dani Hamdani
20-08-2013 23:18