Main Menu

Yellen: Hampir Mustahil Suku Bunga FED Turun apalagi Suku Bunga Negatif

Dani Hamdani
11-02-2016 12:37

Janet Yellen (AFP)

Washington, GATRANews - Ketua Federal Reserve Janet Yellen mengatakan pada Rabu bahwa bisa saja The Fed berbalik arah dan menurunkan suku bunga jika ekonomi melemah, tetapi menambahkan bahwa itu hampir tidak mungkin. Yellen juga menyatakan hampir mustahil melakukan suku bunga negatif seperti di beberapa negara eropa dan Jepang.

 

Dua bulan setelah The Fed menaikkan suku bunga acuan untuk pertama kalinya dalam lebih dari sembilan tahun, Yellen ditanya di Kongres apakah ekonomi yang lebih lemah dari perkiraan bisa mendorong Komite Pasar Terbuka Federal (FOMC), badan kebijakan Fed, berbalik arah dan menurunkan suku bunga lagi.

 

"Saya tidak berharap bahwa FOMC akan segera dalam situasi ini di mana ia perlu menurunkan suku bunga," katanya kepada sidang Kongres.

 

"Mari kita ingat bahwa pasar tenaga kerja terus berkinerja dengan baik, meningkat," katanya.

 

"Selalu ada beberapa risiko resesi, dan saya mengenali dan baru saja menyatakan bahwa perkembangan keuangan global dapat menghasilkan perlambatan dalam ekonomi," katanya seperti dilaporkan Antara.

 

Namun, dia menekankan, penting "untuk tidak melompat ke kesimpulan prematur tentang apa yang ada dalam persediaan untuk ekonomi AS. Jadi saya tidak berpikir itu akan diperlukan untuk menurunkan suku bunga."

 

Ditanya apakah The Fed memiliki kekuatan untuk pergi sejauh mengurangi suku bunga ke dalam wilayah negatif, seperti yang Bank Sentral Eropa dan bank sentral Jepang telah lakukan baru-baru ini, Yellen mengatakan mereka telah mempelajari masalah ini pada 2010 tetapi tidak mencapai kesimpulan.

 

"Itu masih pertanyaan .... Saya tidak menyadari apa pun yang akan mencegah kita dari melakukan hal itu," katanya.

 

Suku bunga negatif, dalam konteks kebijakan moneter, akan memaksa bank-bank komersial untuk membayar bunga atas uang tunai mereka yang disimpan di bank sentral, bukannya dibayari bunga seperti biasanya terjadi.

 

Hal ini hanya digunakan dalam keadaan langka untuk menekan bank-bank meminjamkan lebih banyak di pasar komersial, untuk meningkatkan kegiatan ekonomi.

 

"Kami berada dalam suatu lingkungan di mana sejumlah bank sentral telah pergi ke suku bunga negatif," Yellen mengakui, menambahkan bahwa hal itu penting untuk mempelajari pengalaman mereka.

 

"Kembali pada tahun 2010 kami sedang mencari cara-cara untuk menambahkan akomodasi ke sistem keuangan," katanya.

 

Tapi pergerakan suku bunga negatif "bukan alat pilihan ... dan kami khawatir itu tidak akan bekerja di lingkungan kita."


Editor: Dani Hamdani 

Dani Hamdani
11-02-2016 12:37