Main Menu

Trump Janjikan Deportasi 3 Juta Imigran

Rosyid
14-11-2016 10:15

Donald Trump (AFP Photo/Paul J. RichaJ/yus4)

New York, GATRANews - Presiden Amerika Serika (AS) terpilih Donald Trump berjanji akan menepati janjinya untuk mendeportasi jutaan imigran ilegal.  Dalam wawancara Minggu (13/11), dia  mengatakan bahwa sampai tiga juta orang bisa diusir setelah dia dilantik menjadi presiden pada Januari.



"Yang akan kami lakukan adalah mengeluarkan para penjahat dan mereka yang memiliki riwayat kejahatan, anggota geng, pengedar narkoba, mungkin dua juta orang, atau bahkan tiga juta - kami akan mengusir mereka dari negara kami atau memenjarakan mereka," katanya dalam kutipan wawancara yang dirilis menjelang siaran program 60 Minutes CBS seperti dikutip dari Antara.

Miliarder real estat itu menjadikan pengamanan perbatasan AS-Meksiko sebagai fokus kampanye pemilihan presiden, di mana dia Selasa lalu dia secara mengejutkan mengalahkan pesaingnya dari Partai Demokrat Hillary Clinton.

Trump menambahkan bahwa tembok pembatas yang akan dibangun di perbatasan Meksiko kemungkinan tidak seluruhnya meliputi batu bata, tetapi pemagaran dapat digunakan di beberapa area.

"Mungkin akan ada beberapa pagar," kata Trump dalam wawancara pertamanya sejak terpilih menjadi presiden pekan lalu.

"Namun, (untuk) area-area tertentu, tembok lebih cocok. Saya sangat mahir dalam hal ini," katanya dalam wawancara dengan CBS yang dikutip kantor berita AFP.


Ketika ditanya apakah ia akan bekerja dengan Kongres untuk melarang imigran Muslim, Trump berjalan pergi tanpa menjawab.

Tim transisi Trump mulai menyiapkan regulasi untuk melaksanakan deportasi pada hari pertama berkuasa.  Mereka akan menambah wewenang 5000 petugas imigrasi sehingga bisa memindahkan lebih banyak orang tanpa perlu menambah personil seperti disampaikan Kris Kobach, dari tim transisi imigrasi Trump.

Menurut Kobach, Dengan memberikan kewenangan yang lebih kepada petugas Imigrasi dan Bea Cukai, Trump bisa dengan mudah meningkatkan deportasi lebih dari 75% di tahun pertama berkuasa.

Diperkirakan angka deportasi akan melampaui rekor yang dibuat Obama tahun 2012. Saat itu di akhir periode pertama pemerintahannya, Obama memulangkan lebih dari 400.000 imigran.




Editor: Rosyid

Rosyid
14-11-2016 10:15