Main Menu

Trump : AS Keluar dari Trans Pacific Partnership

Rosyid
22-11-2016 18:07

TPP(Dok.GATRAnews/re1)

New York, GATRANews - Nasib Trans-Pacific Partnership (TPP) sudah di ujung tanduk. Presiden AS terpilih, Donald Trump memastikan akan menarik diri dari pakta perdagangan bebas lintas Pasifik itu "sejak hari pertama".

 

Alasan Trump perjanjian perdagangan bebas itu potensial menjadi bencana bagi negerinya.  Sebaliknya dia akan "merundingkan kembali kerjasama bilateral perdagangan yang bisa mengembalikan industrik dan lapangan kerja."

 

Penegasan itu diungkapkan lewat video yang berisi paparan rencana kerja 100 hari pertama. 

 

 

Beberapa jam sebelum video yang diunggal Trump itu dirilis, Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe sudah mengeluarkan peringatan bahwa tanpa AS, TPP sudah tidak ada artinya.

 

Abe adalah pendukung utama TPP. Dia pula yang menjadi pemimpin asing pertama yang bertemu Trump  (17/11/16). Meskipun detail pertemuan 90 menit tidak diungkapkan, Abe akan menggunakan kesempatan itu untuk membujuk 

 

"Hal itu akan mengganggu keseimbangan fundamental manfaat-manfaat," tegas Abe di Buenos Aires dalam pertemuan negara-negara TPP. Dengan ditariknya AS, pakta tidak bisa direnegosiasi kata Abe seperti dilaporkan The Guardian.

 

 

TPP adalah kerjasama perdagangan bebas 12 negara  yang disiapkan lewat negosiasi selama tujuh tahun dan menjadi salah satu puncak pencapaian Presiden Obama dan kabinetnya.  Dengan TPP ribuan komoditas bisa diperdangangkan dengan bea masuk minimal diantara negara-negara anggotanya. Volume perdangangan ke-12 negara itu mencapai 40 persen ekonomi global. Namun TPP mendapat penentangan di AS -yang menjadi amunisi kampanye Trump. Protes serupa juga terjadi di Selandia Baru dan Jepang.


 

Editor: Rosyid

 

Rosyid
22-11-2016 18:07