Main Menu

Obama Usir Diplomat Russia

Rosyid
30-12-2016 08:47

Washington, GATRANews - Presiden Barack Obama mengusir 35 diplomat Russia dan keluarganya dari Amerika seperti dilaporkan Time Jumat dinihari WIB. Mereka diberi waktu 72 jam untuk berkemas dan meninggalkan komplek kedutaan di Washington dan konsulat di San Fransisco. Pengusiran adalah balasan AS terhadap dugaan keterlibatan hacker Russia dalam mencurangi pemilu presiden AS November lalu juga meretas email pribadi Hillary Clinton.


Para diplomat yang di Persona non Grata karena 'melakukan tindakan yang tidak sesuai dengan status diplomatik mereka'. Russia -kata Obama- tidak lagi memiliki akses ke fasilitas mereka di AS baik di Maryland maupunn di New York.

Keputusan Obama itu diambil setelah badan-badan intellijen AS menyimpulkan Russia telah membantu Donald Trump untuk memenangkan pemilu Presiden. Russia membantah tuduhan Obama, demikian pula Trump.

"Dalam sudut pandang kami tindakan pemerintah AS adalah manifestasi dari kebijakan luarnegeri yang tak terduga dan bahkan agresif," kata Dmitry Peskov, jurubicara Kremlin pada RT.com, Jumat (30/12). "Kami mempertimbangkan keputusan ini. Sanksi ini tidak bisa dibenarkan dan ilegal berdasarkan hukum internasional," tambahnya.

Russia sedang mempertimbangkan tindakan balasan yang 'memadai, setara yang akan memberikan ketidaknyamanan yang signifikan pada AS di area yang sama.' Namun dia mengatkan pihak Russia tidak buru-buru untuk melakukan tindakan balasan terhadap Washington.


Editor: Rosyid

Rosyid
30-12-2016 08:47