Main Menu

Pohon 1.000 Tahun di California Roboh Diterjang Badai

Tian Arief
10-01-2017 16:44

Pioneer Cabin Tree waktu masih tegak berdiri (GATRAnews/sfgate.com)

Los Angeles, GATRAnews - Pioneer Cabin Tree, sebatang pohon raksasa bersejarah yang berusia lebih dari seribu tahun di California Utara, Amerika Serikat, roboh diterjang badai, yang melanda kawasan itu, beberapa hari terakhir ini. Pohon ini menjadi daya tarik utama wisata karena batangnya yang berlubang menyerupai terowongan, dapat dilewati sejumlah mobil.

Menurut petugas taman nasional kepada AFP, yang dikutip Antara, pohon raksasa yang berada di Calaveras Big Trees State Park itu, roboh pada akhir pekan ini.

Seorang relawan di taman yang terletak di tenggara Sacramento itu, mengatakan bahwa pohon itu tumbang pada Minggu sore, dan hancur saat begitu menimpa tanah, karena akarnya tak mampu lagi menahan terjangan angin kencang yang disertai hujan lebat itu.

Pioneer Cabin Tree setelah roboh. Foto diambil pada 8 Januari 2016 (GATRAnews/sfgate.com)

"Kami kehilangan seorang teman lama hari ini, Pioneer Cabin Tree, atau pohon drive-thru, menyerah kepada alam dan roboh," kata Jim AllDay, seorang sukarelawan, dalam postingannya di Facebook, disertai dengan gambar pohon raksasa yang tumbang tersebut.

Pohon itu dilubangi pada era 1880-an, ketika awalnya sudah ada lubang menganga di dasar pohon tersebut, dan sejak saat itu menjadi objek wisata utama di taman tersebut.


Editor: Tian Arief

Tian Arief
10-01-2017 16:44