Main Menu

Pemerintah Sudah Siapkan Antisipasi Dampak Global Dari Kebijakan Trump

Ervan
20-01-2017 12:40

Jakarta, GATRAnews - Donald Trump dan Mike Pence akan dilantik menjadi Presiden Amerika Serikat pada Sabtu (21/1) waktu Indonesia atau Jumat (20/1) waktu Amerika. Presiden Joko Widodo berharap hubungan Indonesia-Amerika semakin baik ke depannya.

 

"Kemarin pak Presiden sudah bilang kan, harapannya hubungan baik, siapa pun Presidennya termasuk Trump," ujar Staf Khusus Presiden bidang Komunikasi, Johan Budi di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (20/1).

 

Namum pemerintah tetap mengantisipasi kebijakan luar negeri baik di bidang ekonomi maupun politik yang akan diambil Trump termasuk dampaknya secara global. Seperti diketahui, Trump adalah sosok kontroversial dengan pernyataan yang kontroversial pula.

 

"Tapi kan di sisi lain ada persiapan yang dilakukan di internal pemerintah Indonesia, bagaimana nanti Donald Trump menjalankan pemerintahannya. Antisipasi perubahan global lah, istilahnya. Intinya, perubahan global itu diantisipasi pemerintah Indonesia termasuk Donald Trump sebagai presiden. Mengenai hubungan kerja sama, ya yang terbaik," lanjutnya.

 

Namun Presiden Jokowi kemungkinan tak akan menghadiri pelantikan Trump karena belum menerima undangan resmi.

 

"Undangan belum ada. Aku sudah nanya kemarin ke Pratikno (Mensesneg). Kalau hari ini saya belum cek," ucapnya.


Reporter: Ervan Bayu

Editor: Dani Hamdani  

 

Ervan
20-01-2017 12:40