Main Menu

Kepres Pertama Trump: Membekukan Obamacare

Dani Hamdani
22-01-2017 13:53

Washington, GATRAnews - Setelah segala seremoni inagurasi, tak lama setelah mengantar Presiden Obama dan istri menaiki helikopter meninggalkan Gedung Putih, Presiden Donald Trump buru buru masuk Ruang Oval. Duduk di meja dan langsung menandatangani surat perintah Affordable Care Act.

 

Trump memerintahkan lembaga-lembaga pemerintah untuk membekukan regulasi mengenai Obamace dan mengambil langkah-langkah untuk melemahkan Obamacare.

 

Ia, seperti dilaporkan Antara, memerintahkan departemen-departemen untuk "mencabut, menangguhkan, pengecualian hibah atau menunda implementasi provisi yang memperberat  beban fiskal negara bagian, perusahaan dan individu."

 

Presiden Trump benar-benar memanfaatkan jam-jam pertamanya di Gedung Putih untuk memberikan sinyal baik mengenai janji selama kampanyenya untuk mencabut undang-undang layanan kesehatan peninggalan pemerintahan pendahulunya, Barack Obama.

Perintah presiden ke-45 itu juga menyerukan pemberian keleluasaan lebih besar kepada negara bagian dalam menerapkan program layanan kesehatan sambil mengembangkan "pasar bebas dan terbuka dalam perdagangan antarnegara bagian dalam rangka menawarkan jasa layanan kesehatan dan asuransi kesehatan."

Para pakar berspekulasi bahwa Trump bisa memperluas pengecualian dari apa yang disebut mandat individu yang mewajibkan warga Amerika berasuransi atau menghadapi penalti, atau syarat cakupan asuransi yang ditawarkan pihak perusahaan.

Para pakar juga meyakini pemerintahan Trump akan mengurangi manfaat utama Obamacare seperti layanan bersalin dan kesehatan mental yang semestinya dicakup asuransi.


Editor: Dani Hamdani 
Dani Hamdani
22-01-2017 13:53