Main Menu

Video Trump Memuji Jamaah Masjidil Haram, Ternyata Palsu 

Rosyid
01-03-2017 14:51

Video Donald Trump berbicara soal muslilm di masjidil harram ternyata hoax (Dok GATRAnews/istimewa)Washington, GATRAnews - Sebuah video yang memperlihatkan Presiden Donald Trump berdiri didepan foto Masjidil Haram  menerangkan kepada beberapa orang disebelahnya tentang foto itu.

 

Dalam video itu terdengar Trump mengucapkan; "Lihat seberapa jauh mereka pergi ke sini...saya bilang ini lautan cinta. Ini sesuatu yang spesial, dimana orang-orang ini bepergian dari seluruh penjuru negeri, mungkin dari seluruh dunia,"

 

Video yang seakan-akan menggambarkan kekaguman Trump melihat begitu banyaknya orang  yang berkumpul di Ka'bah ini dengan cepat menjadi viral di media sosial. 

 

Termasuk di Indonesia. Malah ada tambahan kata-kata Trump menggantungkan gambar Masjidil Harram di Gedung Putih.

Begini pesan yang diterima GATRAnews: 

"Donald trump menggantung foto masjidil haram di white house, mengatakan : lihatlah bagaimana foto ini dapat mengungkapkan tentang cinta, semua manusia dari penjuru dunia melakukan perjalanan jauh untuk dapat sampai ke tempat ini. Sesungguhnya di sini terdapat sesuatu yang khusus dan spesial." Lalu diiringi dengan video berdurasi 28 detik video trump berbicara pada seorang wartawan.

 

Sebuah video yang memperlihatkan Presiden Donald Trump berdiri diatas foto Masjidil Haram  menerangkan kepada beberapa orang disebelahnya tentang foto itu.     Dalam video itu terdengar Trump mengucapkan;
Video asli dan Palsu Donald Trump  (Dok Arabnews)

Video ini ternyata aspal. Benar Trump mengucapkan kata-kata itu namun yang dikomentari adalah prosesi inagurasi dirinya sendiri. Sekedar mengingatkan, Trump marah-marah pada media di Amerika Serikat karena menyebutkan proses pelatikannya itu dihadiri sedikit orang. 

 

Menurut laman steepfreed, ada orang yang mengedit video itu dengan mengganti foto inagurasi dengan foto Masjidil Haram. Situs ArabNews  menyandingkan video asli dan palsu itu dan bisa dilihat di situs youtube.


Penulis:  Rosyid

Editor: Dani Hamdani 

 

Rosyid
01-03-2017 14:51