Main Menu

Heboh, Trump Jual F15 Senilai 12 Miliar Dolar ke Qatar

Dani Hamdani
15-06-2017 12:08

Presiden Amerika Serikat Donald Trump (AFP/Nicholas Kamm/AK9)

Washington, GATRAnews - Presiden Amerika Serikat Donald Trump, sang pengusaha sukses yang pintar berkelit, kini sedang diuji kemampuannya. Tak sampai sepekan setelah menyebut Qatar sebagai negeri kecil pendukung teroris, Rabu kemarin (14/6/17) Amerika Serikat menyetujui penjualan 36 Pesawat Jet F15 pada Qatar.

 

Penjualan itu terungkap dari keterangan Menteri Pertahanan Negeri Qatar Khalid Al-Attiyah usai bertemu dengan Menteri Pertahanan Amerika Serikat Jim Mattis, di Washington DC, Amerika Serikat. 

 

Dalam keterangan dari Pentagon, Departemen Pertahanan Amerika Serikat, seperti dilaporkan Bloomberg, kedua menteri telah meneken perjanjian senilai 12 miliar Dolar Amerika Serikat. 

 

"Penjualan ini akan memberi Qatar kemampuan tempur dan meningkatnya kerjasama dan timbal balik keamaan antara Amerika Serikat dan Qatar," kata pernyataan dari Departemen Pertahanan Amerika. 

 

Sementara itu Menhan Qatar Al-Attiyah menyatakan pembelian itu akan menciptakan 60.000 pekerjaan di 42 negara bagian Amerika Serikat. "Pembelian F15 juga makin mendekatkan pada strategi kolaborasi dalam upaya kami melawan kekerasan oleh ekstrimis dan mempromosikan stabilitas dan perdamaian di kawasan (Timur Tengah) dan lebih luas lagi," kata Al-Attiyah.

 

Menurut Bloomber, penjualan ini sebenarnya sudah disetujui oleh Kongres pada November 2016 lalu, semasa pemerintahan Obama. Telah disetujui penjualan 72 F-15s dalam sebuah perjanjian senilai US$ 21 miliar. Sesuai kesepakatan, perjanjian jual beli itu akan dituntaskan pada Rabu kemarin (14/6/17).

Dani Hamdani
15-06-2017 12:08