Main Menu

Musisi Metal Danica Roem Jadi Transgender Pertama yang Menjabat Anggota Parlemen Amerika

Fahrio Rizaldi A.
09-11-2017 22:00

Danica Roem. (AFP/Paul J. Richards/FT02)

Virginia, Gatra.com - Penyanyi heavy metal, Danica Roem berhasil terpilih menjadi anggota parlemen Amerika Serikat (AS). Roem mengalahkan politisi Republican, Bob Marshall untuk menempati posisi sebagai badan legislasi negara bagian. Terpilihnya Roem juga menjadi sejarah baru. Roem adalah politisi transgender pertama di AS.

Roem yang juga seorang jurnalis ini aktif dalam grup musik heavy metal bernama Cab Ride sejak 2006 lalu. Grup musik ini mendeskripsikan musik mereka sebagai Virginia-brewed drunken trash metal. Cab Ride telah merilis empat album secara independen.

Seperti yang diberitakan The Guardian, Roem akan bertugas di Virginia, negara bagian AS yang memiliki pandangan sosial konservatif. "Tak peduli bagaimana penampilan anda, dari mana anda berasal, bagaimana anda beribadah, dan siapa yang anda cintai. Jika anda punya kebijakan publik yang bagus, jika anda punya kualifikasi, dan anda bisa membawa ide anda menjadi kenyataan," ujar Roem seperti yang dikutip NME.

Pemimpin partai Demokrat di Virginia, David Toscano mengatakan kemenangan Roem adalah hal yang bersejarah. "Ini seperti mengirimkan pesan kepada politisi di mana pun, bahwa kefanatikan sudah berakhir," jelas Toscano.

Dalam sebuah wawancara dengan sebuah media musik, Roem mengakui bahwa penampilannya tak menunjukkan bahwa dia adalah seorang politisi. "Hanya karena saya menyanti di band heavy metal, manggung di mana-mana, dan dibayar karena melakukan ini. Bukan berarti saya tidak bisa menjalankan pemerintahan," urai Roem.


Reporter: Rizaldi Abror
Editor: Nur Hidayat

 

Fahrio Rizaldi A.
09-11-2017 22:00