Main Menu

Spotify Digugat Triliunan Rupiah

Flora Librayanti BR K
03-01-2018 17:02

Ilustrasi. (Shutterstock/FT02)

Jakarta, Gatra.com - Aplikasi streaming musik Spotify menghadapi tuntutan senilai US$ 1,6 miliar (sekitar Rp 21,6 triliun) dari Wixen Music Publishing Inc. Mereka melayangkan gugatan ke pengadilan federal California pada 29 Desember 2017 lalu dengan tuntutan penggunaan ribuan lagu tanpa ijin dan tanpa kompensasi pada para musisi. Label musik yang berbasis di California, Amerika Serikat itu telah mempublikasikan musisi sekelas Missy Elliot, Neil Young, Stevie Nicks, Tom Petty, The Doors.

 

 

 

Dalam berkas tuntutannya, Wixen menyebut bahwa Spotify dianggap gagal mendapatkan lisensi wajib dari Wixen. Seperti dilansir dari Reuters, tanpa lisensi ini maka tak memungkinkan bagi Spotify untuk mereproduksi dan mendistribusikan lagu-lagu tersebut.

 

 

 

Wixen juga menuding Spotify telah menggunakan pihak ketiga yakni penyedia layanan perizinan the Harry Fox Agency untuk menyelesaikan pekerjaannya, terkait dengan pengurusan lisensi. Tindakan ini dianggap sebagai “langkah kurang lengkap untuk mendapatkan semua lisensi mekanik yang diperlukan”.

 

Sejauh ini, Spotify menolak berkomentar terkait hal ini.

 

Sebelumnya, pada Mei 2017, perusahaan yang bermarkas di Swedia tersebut setuju membayar sebanyak US$ 43 juta (sekitar Rp 581 miliar) untuk menyelesaikan gugatan class action yang diajukan oleh sejumlah pihak. Tuntutan yang diajukan juga serupa yakni soal royalti atas sejumlah lagu.


 

 

 

Editor : Flora L.Y. Barus

 

 

 

Flora Librayanti BR K
03-01-2018 17:02