Main Menu

Pemerintah AS Pernah Mengalami Shut Down Sebanyak 12 kali

Cavin Rubenstein M.
20-01-2018 18:49

Ilustrasi (Shutterstock/FT02)

Washington, Gatra.com - Pemerintah Amerika Serikat tercatat pernah menghentikan operasi pemerintahannya -atau mengalami shut down- sebanyak 12 kali. Kesemuanya berlangsung dalam rentang waktu yang berbeda-beda. Perisitwa Shut Down paling lama dirasakan Amerika Serikat pada masa pemerintahan Presiden Bill Clinton. Pemerintah berhenti beroperasi selama 21 hari, yakni dari Desember 1995 sampai Januari 1996. Saat itu, Ketua Parlemen, Newt Gingrich, meminta pemerintah memangkas belanja beberapa program seperti Medicare, Medicaid, dan Jaring Pengaman Sosial.



Sebelum Shut Down kali ini, pemerintah AS terakhir kali menghentikan operasinya 5 tahun lalu. Yakni tahun 2013 lalu, di bawah pemerintahan Presiden Barrack Obama. Pada waktu itu, anggota Senat dan Kongres AS yang berasal dari Partai Republik menolak anggaran belanja yang diajukan oleh Obama. Khususnya karena ada pos anggaran untuk membiayai program jaminan kesehatan yang dikenal dengan nama Obamacare. Sebagai akibatnya, pemerintah AS mengalami shut down selama 16 hari, 2013 lalu. Itu berdampak pada 850 ribu pegawai pemerintah yang terpaksa tidak bekerja.

Kali ini, Shut Down pemerintah AS disebabkan adanya perbedaan sikap dalam anggaran perlindungan bagi sekitar 700 ribu imigran nirdokumen yang tinggal di AS saat ini. Senator Demokrat ingin agar biaya bagi kelompok yang disebut 'Dreamer' itu masuk dalam anggaran tahun ini. Sedangkan Senator Partai Republik dan Gedung Putih tidak ingin demikian.

Akibat tidak disetujuinya rancangan anggaran pemerintah oleh Senat, maka secara teknis, pemerintah AS kehabisan uang operasional pada Jumat (19/1) malam, waktu setempat. Atau Sabtu (20/1) pagi waktu Indonesia. Ironisnya, penghentian operasional pemerintah -atau yang sering dikenal dengan istilah 'shut down' ini- terjadi berbarengan dengan peringatan satu tahun pemerintahan Presiden Donald Trump.


Editor : Cavin R. Manuputty

Cavin Rubenstein M.
20-01-2018 18:49