Main Menu

Gara-Gara Iran, Trump Pecat Menlu

Rosyid
13-03-2018 22:08

Rex Tillerson.(Reuters/re1)

Washington, Gatra.com - Presiden AS Donald Trump memecat Menlu Rex Tillerson Selasa, sekaligus mengakhiri masa jabatan penuh gejolak, termasuk serangkaian pertengkaran publik dengan atasannya - Presiden Donald Trump. Sebagai penggantinya, Trump akan menunjuk Direktur CIA Mike Pompeo. Sementara Pompeo akan digantikan oleh Wakil Direktur CIA Gina Haspel. Dia akan menjadi wanita pertama yang memimpin CIA.

 

Informasi ini dilaporkan pertama kali oleh The Washington Post yang segera dikonfirmasi  presiden lewat tweet. Menurut seorang pejabat tinggi Departemen Luar Negeri AS, Tillerson mengetahui pemecatannya dari tweet Trump pada hari Selasa pagi,seperti ditulis NBC News.

 

Menurut Jurubicara Departemen Luar Negeri AS Steve Goldstein, Tillerson tidak merencanakan untuk mundur . "Dia tidak bicara dengan presiden pagi ini, dan tidak mengetahui alasan pemecatannya," kata jurubicara itu. 

 

Usai pemecatan itu, Trump kemudian mengabarkan pada media bahwa dia tidak sependapat dengan Tillerson mengenai beberapa masalah. 

 

"Rex dan saya telah lama membicarakan hal ini. hubungan kami benar-benar baik, tapi kami tidak setuju dalam beberapa hal," kata presiden saat meninggalkan California. "Lihat kesepakatan Iran, saya pikir itu mengerikan, saya kira menurut dia itu ok-ok saja.... Jadi kita tidak benar-benar sejalan. Dengan Mike Pompeo, kita memiliki proses pemikiran yang sangat mirip, saya pikir itu akan sangat baik."


Editor: Rosyid

Rosyid
13-03-2018 22:08