Main Menu

Gantikan Cohn, Trump Yakin Kudlow Mampu Pimpin Dewan Ekonomi Nasional AS

Sandika Prihatnala
15-03-2018 19:31

Larry Kudlow.(REUTERS/Brendan McDermid/re1)

Washington, Gatra.com - Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump menunjuk Larry Kudlow menjadi penasihat ekonomi utama menggantikan Gary Cohn. Cohn, sebelumnya mengundurkan diri karen berselisih dengan Trump terkait kenaikan tarif impor baja dan alumunium.

 

Kudlow yang bernama lengkap Lawrence Alan Kudlow adalah seorang lulusan ekonomi politik dari Universitas Princeton. Dia adalah seorang ekonom dan kontributor senior CNBC. Kudlow mengaku kenal Trump selama lebih dari 20 tahun.

“Saya sangat nyaman, dan tidak sabar memulai tugas baru,” katanya seperti dikutip dari CNBC, Kamis (15/3).

Yang unik, latar belakang Kudlow sebenarnya serupa dengan Cohn. Keduanya dikenal sebagai sosok yang pro terhadap perdagangan bebas dan menentang pembatasan tarif. Karenanya, Kudlow sangat menyesalkan ketika tahu Cohn memilih mengundurkan diri. Tapi, Kudlow kelihatannya memang punya agenda khusus dalam menyikapi perdagangan global jika AS dalam posisi tidak diuntungkan.

“Larry Kudlow akan menjadi Penasihat Ekonomi Utama saya sebagai Direktur Dewan Ekonomi Nasional. Negara kita akan memiliki banyak tahun Kesuksesan Ekonomi dan Keuangan yang Hebat, dengan pajak rendah, inovasi yang tak tertandingi, perdagangan yang adil dan angkatan kerja yang terus berkembang,” cuit Trump di akun twitternya.

Trump sendiri mengakui perbedaan pendapat akan selalu terjadi seiring terpilihnya Kudlow sebagai penasihat ekonomi utama AS. Trump memberinya petunjuk, pembatasan tarif adalah sebuah pola memperbaiki perdagangan.

Ini sesuai dengan kampanyenya sebelum menjadi Presiden. Ia berkomitmen untuk menegosiasikan kembali kesepakatan perdagangan AS. Trump akan menindak praktik perdagangan yang tidak adil. Salah satu kritiknya, yakni soal Perjanjian Perdagangan Bebas Amerika Utara (NAFTA) yang dianggap melemahkan tenaga kerja manufaktur di AS


Editor : Sandika Prihatnala

Sandika Prihatnala
15-03-2018 19:31