Main Menu

Jaksa Agung AS Pecat Orang Nomor 2 di FBI

Cavin Rubenstein M.
17-03-2018 11:24

Jaksa Agung Amerika Serikat, Jeff Sessions.(REUTERS/Lucas Jackson/re1)

Washington, Gatra.com - Jaksa Agung Amerika Serikat Jeff Sessions memecat Andrew McCabe, mantan orang nomor dua di FBI. McCabe juga merupakan penyidik penting dalam investigasi kasus Hillary Clinton serta dugaan campur tangan Rusia di Pemilihan Umum AS 2016 lalu.



"Berdasarkan laporan Inspektur Jenderal, temuan dari Kantor Tanggung Jawab Profesi FBI, dan rekomendasi dari pejabat karir senior Departemen, saya telah menghentikan penugasan Andrew McCabe segera," kata Jeff Sessions, seperti dikutip dari Reuters, Sabtu (17/3).
 
Pemecatan McCabe terjadi dua hari sebelum masa pensiunnya dari FBI resmi berlaku. Langkah Jaksa Agung AS itu juga menimbulkan syang wasangka, ihwal alasan sebenarnya dari pemecatan. Yakni adanya tekanan politik dari Presiden Donald Trump dan Partai Republik yang pernah mengecam McCabe secara terbuka lewat Twitter.

Apalagi dalam setahun belakangan, Trump sudah memecat dua pejabat penting di Biro Investigasi Federal itu. Sembilan bulan lalu, Trump juga memecat Direktur FBI, James Comey.

"Saya tidak diacuhkan oleh yang lain dan diperlakukan seperti ini karena peran yang saya lakukan, tindakan yang saya ambil, dan kejadian yang saya saksikan setelah pemecatan James Comey," kata McCabe dalam sebuah pernyataan.

"Serangan terhadap kredibilitas saya adalah salah satu bagian dari usaha yang lebih besar untuk menodai FBI, penegak hukum, dan profesi intelijen secara lebih umum," ujarnya.


Editor : Cavin R. Manuputty

Cavin Rubenstein M.
17-03-2018 11:24