Main Menu

Saat Trump Siapkan Pasukan Khusus Luar Angkasa

Sandika Prihatnala
19-06-2018 14:30

Donald Trump (REUTERS/Leah Millis/yus4)

Washington, Gatra.com - Ambisi Amerika Serikat untuk mengeksplorasi ruang angkasa memasuki babak baru. Presiden AS Donald Trump telah memerintahkan pendirian markas keenam militer AS untuk fokus mendalami luar angkasa.

 

Langkah Trump didasari pada keinginan AS untuk tidak hanya hadir dalam penelitian dan eksplorasi ruang angkasa. Namun, lebih jauh dari itu, ia ingin agar AS mendominasinya.

“Tidak cukup hanya hadir di luar angkasa. Kita harus membuat orang Amerika mendominasi luar angkasa,” katanya seperti dilansir dari Reuters. Pernyataan itu ia sampaikan sebelum bertemu dengan Dewan Ruang Angkasa Nasional.

Ide ini sebenarnya sudah pernah didengungkan Trump sebelumnya. Ia beralasan, keberadaan pasukan khusus luar angkasa diharapkan membantu tugas Pentagon lebih efisien.

“Kami akan memiliki Angkatan Udara dan memiliki pasukan luar angkasa,” tambahnya.

Tentu saja, rencana Trump itu mendapat kritik dari pejabat senior militer. Pada 2017 lalu, Kepala Staf Angkatan Udara Jenderal David Goldfein menyebut tujuan pembentukan pasukan luar angkasa berpotensi melenceng dari tujuan awal.

Hal senada juga dilontarkan senator AS dari Partai Demokrat, Bill Nelson. Ia menyebut, Trump tak akan bisa mewujudkan rencananya itu tanpa persetujuan kongres.

“Untungnya, presiden tidak dapat melakukannya tanpa Kongres. Ini bukan saatnya memecah Angkatan Udara. Terlalu banyak misi yang dipertaruhkan,” ungkapnya, melalui akun twitter.

Menjawab kritik itu, juru bicara Pentagon Dana White menyebut pihaknya akan mempersiapkan diri guna melaksanakan perintah Presiden. Dan siap berdiskusi dengan kongres guna mendengar masukan – masukan.

AS sendiri merupakan Negara anggota Perjanjian Luar Angkasa 1967. Anggota perkumpulan itu mengatur larangan penempatan senjata pemusnah massa di angkasa. Luar angkasa, hanya boleh digunakan untuk tujuan perdamaian. 


Editor : Sandika Prihatnala

Sandika Prihatnala
19-06-2018 14:30