Main Menu

Mike Pence Sanggah Staf Wapres Adalah Penulis Anonim Artikel New York Times

Bernadetta Febriana
10-09-2018 12:34

Ilustrasi - Koran New York Times (GATRA/FT02)

Washington, Gatra-com - Teka teki siapa penulis editorial di New York Times yang menyatakan buruknya tingkah laku Presiden Amerika Serikat Donald Trump dalam memimpin negara, belum terjawab juga. Sempat disebut sebagai penulis anonim itu, Wakil Presiden Mike Pence tak hanya membantah dirinya adalah penulis anonim editorial itu, namun juga meyakinkan publik tidak ada satupun stafnya yang menjadi penulis artikel itu.

Dikutip dari AP, Pence menyatakan bahwa ia 100 persen yakin, tidak satupun stafnya ada sangkut paut dengan penulis artikel tersebut. "Saya mengenal mereka. Saya kenal karakter mereka," kata Pence, dalam sebuah wawancara dengan CBS.

Beberapa pengamat berspekulasi bahwa Pence-lah yang menulis artikel tersebut karena ada beberapa kata yang sering digunakan oleh Pence, muncul dalam artikel terebut. Contohnya adalah "lodestar". Penulis anonim tersebut mengakui ia adalah salah satu staf senior Gedung Putih, yang bersama-sama dengan staf lain banyak bekerja dalam diam menggagalkan kebijakan-kebijakan Trump yang "berbahaya".

Tercatat sekitar dua lusin pejabat Gedung Putih membantah bahwa mereka adalah penulis artiel tersebut, mulai dari Mike Pence, Menlu Mike Pompeo, Menhan James Mattis, hingga Duta Besar AS untuk PBB Nikki Haley.

Presiden Trump sendiri sudah berulang kali meminta the Times untuk menyebutkan nama penulis artikel tersebut dengan alasan keamanan nasional, yang tentu saja ditolak mentah-mentah oleh jajaran redaksi the Times.


Bernadetta Febriana

Bernadetta Febriana
10-09-2018 12:34