Main Menu

JK Adakan Pertemuan Dengan Mike Pence dan Ratu Maxima

Bernadetta Febriana
26-09-2018 12:01

Pertemuan Jusuf Kalla dengan Wapres AS Mike Pence (Dok. Kemlu RI/re1)

 

New York, Gatra.com - Pada hari kedua Sidang Majelis Umum (SMU) PBB ke-73 di New York, AS, Wakil Presiden Jusuf Kalla bertemu Wapres AS Mike Pence, dan United Nations Special Advocate for Inclusive Finance for Development, Ratu Belanda Máxima Zorreguieta Cerruti. 

Pada pertemuan bilateral antara Mike Pence dengan Jusuf Kalla, Indonesia dan AS sampaikan komitmennya untuk terus memperkuat kemitraan strategis antara kedua negara. “Indonesia dan AS sama-sama saling membutuhkan, hubungan bilateral yang saling menguntungkan dapat terus kita kembangkan di segala bidang”, ujar Kalla. 

Keduanya juga membahas isu-isu kawasan dan global seperti perkembangan perdamaian Israel dan Palestina, Laut Cina Selatan, Semenanjung Korea, dan Indo-Pasifik. 

Saat bertemu Ratu Máxima, Kalla mengapresiasi upaya Ratu Máxima untuk mendorong pembangunan berkelanjutan yang inklusif di Indonesia.

Kalla menyampaikan peningkatan progress Indonesia dalam mempercepat pengembangan sistem keuangan yang inklusif, antara lain melalui percepatan proses, optimalisasi platform digital dan memperluas jaringan keuangan inklusif

Salah satu yang berperan besar dalam pembangunan adalah kontribusi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) “UMKM sangat penting untuk pencapaian target tujuan Pembangunan Berkelanjutan 2030  karena keberadaan nya yang tersebar luas dan merupakan salah satu porsi terbesar dari ekonomi Indonesia” ujar Kalla.


Bernadetta Febriana

Bernadetta Febriana
26-09-2018 12:01