Main Menu

Pemerintah Amerika Perintahkan NASA Memperluas Pencarian Alien

Rohmat Haryadi
12-10-2018 14:18

Alien rekaan seniman (futurism.media)

Washington, Gatra.com -- Lembaga Penerbangan dan Antariksa Amerika (NASA) harus memperluas pencariannya untuk kehidupan alien (asing) ke daerah-daerah baru, dan fokus pada astrobiologi. Demikian kesimpulan laporan mandat kongres dari National Academy of Sciences, Engineering, dan Medicine. "Untuk memajukan pencarian kehidupan di alam semesta, NASA harus mendukung penelitian pada kisaran luas biosignatures dan lingkungan, dan menggabungkan bidang astrobiologi ke semua tahap misi eksplorasi masa depan," tulis laporan itu. Demikian Dailymail, 11 Oktober 2018.

 

Laporan ini menguraikan sejumlah besar inisiatif baru yang harus dilakukan NASA, dari berfokus pada lautan bawah laut di planet lain untuk mempelajari kehidupan di Bumi. Astrobiologi, studi tentang asal-usul, evolusi, distribusi, dan masa depan kehidupan di alam semesta, adalah bidang yang berubah dengan cepat, terutama di tahun-tahun sejak publikasi Strategi Astrobiologi NASA 2015.

Kemajuan ilmiah terbaru di lapangan sekarang memberikan banyak kesempatan untuk memperkuat peran astrobiologi dalam misi NASA dan untuk meningkatkan kolaborasi dengan bidang dan organisasi ilmiah lainnya. Laporan ini menemukan bahwa perubahan ini memerlukan strategi ilmu pengetahuan yang diperbarui untuk astrobiologi. Kunci penelitian, kata laporan itu, adalah astrobiologi, studi tentang asal, evolusi, distribusi, dan masa depan kehidupan di alam semesta.

Laporan itu mengatakan bahwa daerah yang berubah cepat 'memerlukan strategi sains yang diperbarui untuk astrobiologi'. Komite yang menulis laporan tersebut juga menemukan bahwa garis bukti yang digunakan untuk mencari kehidupan saat ini, masa lalu di Bumi dan di luar Bumi, yang dikenal sebagai biosignatures, membutuhkan ekspansi.

"Katalog dan kerangka kerja yang diperbarui, lebih canggih akan menjadi penting untuk meningkatkan kemampuan kita untuk mendeteksi kedua kehidupan yang mungkin mirip dengan kehidupan terestrial, dan kehidupan potensial yang berbeda dari kehidupan seperti yang kita kenal," katanya.

Laporan juga menyerukan penyelidikan tanda-tanda kehidupan yang tidak terikat pada metabolisme tertentu atau' cetak biru 'molekular, atau karakteristik lain dari kehidupan seperti yang kita kenal sekarang. Secara khusus, laporan tersebut menemukan bahwa NASA harus fokus pada penelitian dan eksplorasi kehidupan yang mungkin di bawah permukaan planet dalam terang kemajuan terbaru yang telah menunjukkan keluasan dan keragaman kehidupan di bawah permukaan bumi, sifat cairan di bawah permukaan Mars , dan kemungkinan proses geologis yang menopang kehidupan di planet, dan bulan dengan samudra bawah permukaan.

Laporan ini juga menekankan perlunya NASA untuk meningkatkan upaya dalam mengembangkan teknologi deteksi kehidupan yang siap untuk memajukan pencarian kehidupan. "Untuk studi kehidupan di planet-planet di luar tata surya ini, agensi harus menerapkan teknologi dalam misi pencitraan langsung jarak dekat dan berbasis ruang yang dapat menekan cahaya dari bintang-bintang," katanya. Kolaborasi dengan organisasi swasta, filantropis, dan internasional, khususnya badan antariksa internasional, juga penting untuk mencapai tujuan pencarian kehidupan di alam semesta.


Rohmat Haryadi

Rohmat Haryadi
12-10-2018 14:18