Main Menu

Nyonya Calderon Umumkan Jadi Capres Meksiko

Dani Hamdani
15-06-2015 11:55

Istri mantan presiden Meksiko Felipe Calderon, Margarita Zavala mencalonkan diri untuk Presiden Meksiko 2018Mexico City, GATRANews - Istri mantan presiden Meksiko Felipe Calderon, Margarita Zavala, menyatakan akan meneruskan jejak suaminya dengan mencalonkan diri menjadi presiden pada 2018.

 

Nyonya Calderon, berusia 47 tahun, menjadi ibu negara yang populer selama suaminya berkuasa pada 2006-2012.  Pemerintahan suaminya berjuang habis-habisan melawan geng-geng narkotika yang ironisnya telah mementalkan dia dari kekuasaan, demikian dilaporkan Reuters.

 
 
Mantan anggota DPR dari partai sayap kanan PAN (Partai Aksi Nasional) ini mengumumkan pencalonan dirinya lewat video berdurasi dua menit di YouTube. 
 
 
Zavala juga menyapa dan membagi link pidatonya itu lewat akun twitternya @mzavalagc: : "Amigas y amigos, les comparto un mensaje: youtu.be/yYcCg_CjrwY," ucap Zavala.
 
 
Ia menyatakan akan bekerja keras untuk memperbaiki ekonomi negerinya juga penegakan hukum di Meksiko.
 
 
Ia menekankan saat ini ada kesenjangan yang teramat besar antara politisi dengan masyarakat.
 
 
"Rekonsiliasi dengan rakyat adalah tugas mulia buat mereka yang mencari kestabilan di Meksiko yang lebih baik," katanya dalam video tersebut, dimana ia mengenakan jaket hitam dan syal ungu khas Meksiko. 


Kemarahan rakyat pada impunitas, korupsi politik, dan pertumbuhan ekonomi yang lamban telah menciptakan kekecewaan yang luas terhadap pemerintahan penerus Calderon, yakni Presiden Enrique Pena Nieto dari Partai Revolusioner Institusional (PRI) yang berhaluan tengah.


Editor: Dani Hamdani 
Dani Hamdani
15-06-2015 11:55