Main Menu

Presiden Mahmud Abbas: Palestina Layak Jadi Anggota PBB

Tian Arief
01-10-2015 08:35

Presiden Palestina Mahmoud Abbas (AFP/Spencer Platt)

Jakarta, GATRAnews - Presiden Palestina Mahmud Abbas, di forum Majelis Umum PBB, menegaskan bahwa Palestina layak mendapatkan status keanggotaan penuh dan pengakuan penuh sebagai negara di Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB). Pidato Abbas itu disampaikan menjelang pengibaran bendera Palestina untuk pertama kalinya di Markas PBB, disandingkan dengan 193 negara anggota PBB.

"Palestina yang adalah negara pengamat pada Perserikatan Bangsa Bangsa, layak mendapatkan pengakuan dan keanggotaan penuh," kata Abbas, di Markas PBB New York, Rabu pagi waktu AS atau Rabu tengah malam WIB, seperti dikutip AFP.

Dalam kesempatan itu, Abbas, seperti dilaporkan Antara, mengajak negara-negara yang belum mengakui Negara Palestina untuk segera mengakuinya.

Pada 10 September lalu, Majelis Umum PBB mendukung bendera Palestina dan Tahta Suci Vatican -yang keduanya bersatus pengamat- dikibarkan di PBB.

Resolusi itu didukung oleh 118 negara, 45 negara abstein dan delapan menentang, termasuk Australia, Israel, dan Amerika Serikat.


Editor: Tian Arief

Tian Arief
01-10-2015 08:35