Main Menu

Super Tuesday dan Jalan Menuju Presiden Amerika Serikat

Dani Hamdani
02-03-2016 17:33

Donald Trump dan Hillary Clinton (AFP)

Jakarta, GATRANewsSuper Tuesday, baru saja berlangsung kemarin, 1 Maret 2015. Hillary Clinton dari Partai Demokrat dan Donald Trump dari Partai Republik meraih kemenangan di 7 dari 13 wilayah pemilihan. Lalu apa pentingnya Super Tuesday dalam pemilihan calon presiden Amerika?

 

Seorang calon presiden Amerika Serikat harus melalui proses yang panjang sebelum resmi dicalonkan oleh partainya pada Pemilu Presiden yang tahun 2016 ini berlangsung pada 8 November.

 

Tahap pertama yang harus melalui proses jajak pendapat dan rangkaian debat, seperti dilakukan Republik sepanjang paruh kedua 2015 lalu.

 

Setelah melewati tahap jajak pendapat, para bakal calon presiden masuk ke tahap menentukan, yakni pemilihan pendahuluan (primary) yang di beberapa negara bagian menggunakan pola kaukus.

 

Primary pertama diadakan di kaukus Iowa pada 1 Februari 2016, disusul primary New Hampshire pada 9 Februari, lalu primary South Carolina dan kaukus Nevada pada 20 Februari (Demokrat mengadakan kaukus Nevada pada 23 Februari).

 

Setelah primary dan kaukus di empat negara bagian, tahap pemilihan akan memasuki jadwal penting yang disebut "Super Tuesday" atau "Selasa Super" pada 1 Maret. 

 

Mengapa disebut super? Karena pada hari itu 12 negara bagian dan satu teritori serentak mengadakan pemilihan pendahuluan.

 

Pada Super Tuesday ini, kandidat Republik akan memperebutkan 661 delegasi, sedangkan kandidat Demokrat memperebutkan 865 delegasi.  Saat ini yang memimpin pencalonan dari masing-masing partai adalah Donald Trump dan Hillary Clinton.

 

Total suara delegasi Demokrat adalah 4.763, sedangkan Republik 2.472.  Namun seorang kandidat cukup mengumpulkan 2.382 suara delegasi untuk Demokrat, dan 1.237 delagasi untuk Republik, untuk dinyatakan sebagai calon presiden.

 

Berikut istilah-istilah penting dalam proses pemilihan calon presiden Amerika Serikat, seperti dilaporkan Antara:

PRIMARY: adalah pemilihan tingkat negara bagian di mana anggota partai memilih seorang calon dari partai itu. Para calon partai yang terpilih dalam primary kemudian bertarung satu sama lain dalam Pemilu.

 

Pola primary diadakan di 37 negara bagian. Primary diadakan oleh pemerintah negara bagian.

 

KAUKUS:

Kaukus adalah pertemuan lokal di mana anggota terdaftar sebuah parpol di tingkat kota dan kabupaten berkumpul untuk memilih calon partainya. Kaukus biasanya digunakan bersamaan dengan konvensi tingkat negara bagian guna memilih delegasi ke konvensi nasional calon presiden.

 

Kaukus adalah metode pemilihan delegasi paling tua di AS yang aslinya berasal dari koloni-koloni Inggris sebelum Revolusi Amerika.

 

Pola Kaukus diselenggarakan di 13 negara bagian dan dua teritori di mana Iowa menjadi negara bagian pertama dan paling penting dalam mengadakan kaukus.

 

DELEGATE DAN SUPERDELAGATE:

Delegate atau delegasi adalah anggota biasa partai yang aktif dan loyal yang terpilih sebagai delegasi konvensi calon presiden. Sedangkan superdelegate adalah anggota delegasi konvensi yang berasal dari para pejabat terpilih (gubernur, anggota Kongres, senator) dan para pejabat partai (para ketua DPD I/II partai).  Biasanya superdelegate punya kuasa suara yang lebih besar.

 

Setiap negara bagian memiliki jatah delegasi yang berbeda-beda.

 

Jumlah delegasi Republik dan Demokrat juga berbeda, tergantung kebijakan partainya. Misalnya di Iowa para calon Republik memperebutkan 30 suara delegasi, sebaliknya Demokrat memperebutkan 52 suara delegasi.

 

Total suara delegasi Demokrat adalah 4.763, sedangkan Republik 2.472.  Namun seorang kandidat cukup mendapatkan 2.382 delegasi untuk Demokrat, dan 1.237 delagasi untuk Republik, untuk dinyatakan sebagai calon presiden.

 

SUPER TUESDAY:

Adalah hari terbesar pada musim pemilihan pendahuluan (primary) yang diadakan serentak di 13 negara bagian dan satu teritori, yakni Alabama, Alaska, Arkansas, Colorado, Georgia, Massachusetts, Minnesota, Oklahoma, Tennessee, Texas, Vermont, Virginia, Wyoming, dan teritori Samoa Amerika.

 

Pada Super Tuesday ini, kandidat Republik akan memperebutkan 661 delegasi, sedangkan kandidat Demokrat memperebutkan 865 delegasi.

 

Di sini, seorang kandidat tidak dianggap telah memenangkan satu negara bagian karena memenangkan suara mayoritas (winner takes all), melainkan secara proporsional. 

 

Super Tuesday pertama kali diadakan pada 1988 untuk konsolidasi pemilih dan pengorganisasian kampanye.

 

Seberapa penting Super Tuesday? Biasanya menjadi barometer apakah seorang kandidat menjadi calon terkuat dan kemudian menjadi indikasi calon presiden dari partainya, sebaliknya calon-calon yang jeblok suara bakal menghadapi realitas bahwa harus mundur dari pencalonan.

 

SETELAH SUPER TUESDAY:

Kapan lagi pemilihan kaukus dan primary diadakan setelah Super Tuesday dan di mana saja?

 

Pada Sabtu 5 Maret ini Demokrat akan memilih di kaukus Kansas dan primary Nebraska, diikuti sehari berikutnya di primary Maine, serta Puerto Rico. Pada hari yang sama 5 Maret itu, Republik mengadakan pemilihan primary di Lousiana, Kentucky dan Maine.

 

Setelah itu dari 8 Maret sampai terakhir 14 Juni, primary dan kaukus diadakan di negara bagian-negara bagian serta teritori lainnya AS, dengan terakhir daerah khusus ibu kota Washington D.C.

 

KONVENSI:

Setelah melewati pemilihan pendahuluan (primary dan kaukus), para calon presiden akan masuk ke tingkat konvensi.

 

Konvensi adalah pertemuan besar parpol untuk memilih calon dari partai dan platform partai, namun umumnya diasosiakan dengan konvensi pencalonan presiden; Konvensi Nasional Demokrat dan Konvensi Nasional Republik.

 

Sejak 1952 konvensi biasanya diadakan pada Juli, Agustus atau awal September, namun sejak 2008 waktunya dimajukan lebih awal setelah Olimpiade musim panas.

 

Peserta konvensi adalah para delegasi (delegate dan superdelegate) yang dipilih proporsional menurut negara bagian dan jumlah penduduk negara bagian. Jadi jumlah delegasi negara bagian berpenduduk besar seperti California tidak akan sama dengan jumlah delegasi negara bagian berpenduduk kecil seperti negara bagian Rhode Island.

 

Pada konvensi ini Demokrat dan Republik resmi memilih calon presidennya. Konvensi juga biasanya mengadopsi prinsip dan tujuan partai, yang umum disebut platform.

 

Begitu proses konvensi berakhir dengan deklarasi calon presiden, maka mulailah proses Pemilihan Presiden AS.

 

Pada Pemilu kali ini, Konvensi Nasional Demokrat diadakan dari 25 Juli sampai dengan 28 Juli 2016, sedangkan Konvensi Nasional Republik berlangsung pada 18 Juli sampai dengan 21 Juli 2016.


 

Editor: Dani Hamdani

 

Dani Hamdani
02-03-2016 17:33