Main Menu

Panama Papers Sudah Bisa Diakses Publik

Dani Hamdani
11-05-2016 21:25

Panama Papers ICIJ (GATRAnews/ICIJ)

Jakarta, GATRANews - Skandal Panama Papers kian terbuka setelah database besar berisi dokumen-dokumen mengenai sekitar 200.000 akun perusahaan perusahaan di mancanagara itu dilepas ke publik mulai Selasa kemarin (10/5/16) di alamat offshoreleaks.icij.org.

 

Kini kita bisa mencari siapa saja dan alamat apa saja yang tercantum di dalam dokumen yang itu aslinya milik firma hukum asal Panama, Mossack Fonseca, yang dibocorkan oleh seorang sumber yang diberi sebutanan "John Doe" pada dua wartawan koran Jerman, Sueddeutsche Zeitung.

 

Data sebanyak 11,5 juta dokumen sekitar  2,6 terabyte itu kemudian dibagi oleh koran Jerman itu pada Konsorsium Wartawan Investigatif Internasional (ICIJ) yang berbasis di New York. 

 

Tadinya database itu mereka tutup untuk publik, namun kemudian mereka memutuskan yang sebalikya.

 

ICIJ menegaskan bahwa database online itu tidak akan menjadi banjir data konyol seperti pada organisasi Wikileaks.

 

"Database ini tidak akan termasuk catatan rekening bank dan transaksi keuangan, email dan korespondensi lainnya, paspor dan nomor telepon. Informasi yang sudah terseleksi dan terbatas itu disiarkan demi kepentingan masyarakat," kata ICIJ seperti dikutip BBC.

 

Data yang ada di offshoreleak.icij.org bukan cuma Panama Papers tapi juga data yang disebutnya Offshore Leak. ICIJ tidak menampilkan semua data seperti bukti transfer atau nomor rekening, namun hanya nama, perusahaan yang dimiliki dan lokasinya di mana, serta dari mana perusahaan itu didaftarkan.

 

Kita bisa mencari berdasarkan nama atau nama kota. Misalnya ketika ditulis "Bekasi" di kolom pencarian, maka terdapat 35 alamat di Bekasi yang merujuk pada nama pemilik dan perusahaan yang didaftarkan. Ketika ditulis kata "Bandung" muncul 95 alamat, namun yang luar biasa ketika ditulis Jakarta, muncul 2385 alamat.

 

Jadi silahkan cek apakah nama atau alamat anda terdapat di Panama Papers.


Editor: Dani Hamdani 

Dani Hamdani
11-05-2016 21:25