Main Menu

Muhammad Ali Diabadikan jadi nama Jalan di New York

Dani Hamdani
08-06-2016 12:23

Muhammad Ali diabadikan menjadi nama jalan di New York (AFP/Brendan Smialowski/HR02)

New York, GATRANews - New York City pada Selasa (7/6) mengabadikan Muhammad Ali menjadi nama jalan di luar Madison Square Garden. Arena Madison Square Garden menjadi salah satu tempat pertarungan terbaik Ali di pusat hiburan Amerika tersebut.

 

Wali Kota Bill de Blasio mengumumkan penamaan sementara West 33rd Street itu menjadi 'Muhammad Ali Way'. "Hari ini kami memberikan penghormatan kepada pria di jantung kota ini," kata de Blasio. "Dia berhak mendapat penghormatan ini dan lebih banyak lagi," katanya seperti dilaporkan Antara.


Ali, yang prestasi tinju dan kegiatan hak sipilnya menjadikannya salah satu tokoh paling tak terlupakan di abad ke-20, meninggal dunia pada usia 74 tahun pekan lalu, setelah tiga dekade lebih berjuang melawan penyakit Parkinson. 

Ali bertanding di Madison Square Garden delapan kali, termasuk saat "Pertarungan Abad Ini" tahun 1979 melawan Joe Frazier.

Jalanan di New York bisa dinamai kembali secara permanen jika legislasinya disahkan oleh dewan kota dan ditandatangani oleh wali kota.

Sejauh ini tidak ada rencana menjadikan perubahan nama Muhammad Ali Way permanen, yang pertama akan membutuhkan anggota dewan kota memberlakukan undang-undang baru.

Kota itu telah secara permanen menamai jalan-jalan di sekeliling Madison Square Garden dengan "Joe Louis Plaza" pada 1984 untuk menghormati juara dunia kelas berat yang hidup antara 1914 sampai 1981.

Penamaan sementara atau permanen untuk menghormati Ali tidak akan mempengaruhi Joe Louis Plaza, kata Wali Kota de Blasio seperti dikutip kantor berita AFP.

Editor: Dani Hamdani 

Dani Hamdani
08-06-2016 12:23