Main Menu

Iran dan Venezuela Sepakat Stabilkan Pasar Minyak

Dani Hamdani
29-08-2016 06:44

Presiden Venezuela Nicolas Maduro (AFP/Juan Barreto/HR02)

Caracas, Venezuela, GATRANews - Presiden Venezuela Nicolas Maduro menyatakan telah mencapai konsensus dengan Menteri Luar Negeri Iran Mohammad Javad Zarif untuk menstabilkan pasar minyak dan memperkuat OPEC. Stabilkan pasar ini bisa dibaca sebagai upaya menaikan harga minyak, karena kedua negara selama ini berupaya menaikan harga.

 

"Kami terus membangun landasan bersama dan konsensus baru untuk menstabilkan pasar minyak, memperkuat industri, memperkuat OPEC," kata Maduro seperti dilaporkan Antara. Maduro bertemu Zarif pada Sabtu waktu setempat.

 

Dia mengatakan menteri perminyakan dan menteri luar negeri Venezuela akan menyampaikan pengumuman dalam beberapa pekan ke depan, namun tidak mengungkapkan rincian dari aksi bersama kedua negara.

 

Zarif tiba di Venezuela setelah mengunjungi negara-negara Amerika Latin lainnya termasuk Bolivia dan Ekuador.

 

Sejak jatuhnya harga minyak pada 2014, Venezuela berusaha mendapatkan dukungan negara-negara OPEC dan non-OPEC dalam menaikkan harga minyak dengan cara membatasi produksi.

 

Sebaliknya OPEC justru fokus memperkuat pangsa pasar di mana produsen minyak terbesar Arab Saudi tidak berminat mengurangi produksi seperti diinginkan Venezuela.


Editor: Dani Hamdani 

Dani Hamdani
29-08-2016 06:44