Main Menu

Dilengserkan dari Kursi Presiden, Dilma Rousseff Banding

Tian Arief
02-09-2016 10:10

Presiden Brazil Dilma Rousseff (AFP/Evaristo Sa/HR02)

Brazilia, GATRAnews - Dilma Rousseff, presiden Brasil yang dimakzulkan Senat, mengajukan banding atas keputusan pemakzulannya ke Mahkamah Agung Federal Brasil, pada Kamis (1/9), sehari setelah dilengserkan dari kantor kepresidenan negeri samba itu. Rousseff dimakzulkan Senat karena dianggap bertanggung jawab atas pelanggaran Undang-undang Anggaran Negara.

Tim pembela Rousseff telah mengajukan writ security, perangkat legal warga Brasil untuk melindungi individu dari keputusan legal yang bisa melanggar hak-hak mereka, atas keputusan Senat yang pada Rabu menyatakan dia bersalah karena "secara pidana bertanggung jawab" atas pelanggaran fiskal.

Ketua tim legalnya, bekas Menteri Kehakiman dan Jaksa Agung Jose Eduardo Cardozo, sebagaimana dikutip Antara, mengumumkan bahwa mereka akan memilih melakukan tindakan itu, mengutip adanya "penyimpangan proses" dalam pemakzulan tersebut.

Rousseff dimakzulkan dalam pemungutan suara Senat dengan hasil 61 suara mendukung dan 20 suara menolak, karena dituduh menggelembungkan rekening fiskal dan merendahkan defisit anggaran yang naik untuk memperbaiki peluangnya terpilih kembali untuk periode kedua.

Rousseff, yang berasal dari Partai Pekerja sayap kiri, membantah tuduhan itu. Dia mengatakan, pengadilan itu mengandung motif politik oposisi sayap kanan.

Wakil presidennya, Michel Temer, dari Partai Gerakan Demokratis Rakyat Brasil, disumpah untuk menyelesaikan sisa masa jabatannya sampai 2018.


Editor: Tian Arief

Tian Arief
02-09-2016 10:10