Main Menu

Lubang Neraka 'Penguras' Samudra Pasifik yang Memikat Turis

Rohmat Haryadi
30-09-2016 04:53

Thor Well, Gerbang ke Neraka (Alamy Stock Photo)

Jakarta, GATRANews - Thor Well di Oregon, Amerika - juga dikenal sebagai “pintu gerbang ke neraka” - cukup besar untuk menelan perahu besar. Lubang itu tampak seperti fitur pada sebuah planet asing dan menarik wisatawan dan fotografer setiap tahun. Pada saat pasang semburan air dari lubang itu muncrat secara spektakuler, sebuah pertunjukan yang tidak pernah gagal untuk menyenangkan turis setiap hari.


Setelah itu, seolah-olah Samudra Pasifik sedang terkuras habis ke lubang raksasa tak berdasar. Namun, air di Samudera Pasifik sebenarnya sangat aman, karena lubang itu sebenarnya dalamnya hanya 20 kaki (6 meter). Menurut Gary Hayes, dari Traveloregon.com, Thor Well yang terletak di Cape Perpetua Scenic Area dekat Yachats, Amerika, itu memulai hidupnya sebagai sebuah gua laut.


Formasi seperti Thor Well yang bisa menyemburkan tanduk air biasanya terbentuk selama jangka waktu yang lama secara geologis. "Mereka mulai sebagai gua laut dan akhirnya bagian atas runtuh gua, meninggalkan celah di mana lonjakan air pasang dari bawah menembakkan air ke atas dengan kekuatan yang dramatis," katanya.

Great Blue Hole (xxx)
Great Blue Hole (Alamy Stock Photo)

Lubang spektakuler lainnya adalah Great Blue Hole di lepas pantai Belitze, Amerika Tengah. Lubang kapal selam itu berbentuk lingkaran berdiameter 300 meter, dengan kedalaman 108 meter. Terbentuk sekitar 153.000 tahun yang lalu. Great Blue Hole adalah situs Warisan Dunia dari UNESCO.


Editor: Rohmat Haryadi

Rohmat Haryadi
30-09-2016 04:53