Main Menu

Hillary Bersih, Peso Menguat

Rosyid
07-11-2016 12:28

Hillary Clinton (AFP/Jeff Kowalsky/HR02)

 Mexico City, GATRANews - Mata uang Mexico menguat setelah FBI memastikan Hillary Clinton bersih terkait skandal email di server pribadinya. Sebelumnya, peso tertekan oleh kemungkinan menguatnya kans Trump untuk memenangkan kursi presiden setelah posisi Hillary Clinton tertekan paska diumumkannya temuan baru oleh FBI terkait skandal email itu, pekan lalu.



Peso naik 2.25 persen hari ini dan berada pada level 18,584 per Dollar. Ini posisi tertinggi sejak 26 Oktober lalu.

Kandidat Partai Republik, Donald Trump berkali-kali melontarkan ide untuk membangun dinding diperbatasan Mexico, keluar dari pakta perdagangan American Free Trade Agreement, menghalangi pengiriman uang ke Mexico dan mendeportasi imigran gelap Mexico.

Retorika agresif semacam itu menimbulkan tekanan ekonomi pada negara di Utara Amerika Serikat itu. Apalagi dukungan para Trump semakin lama-semakin menguat. Apalagi ketika tiba-tiba FBI mengungkapkan temuan baru terkait skandal email Clinton sepekan sebelum pemilu. Pengumuman itu menimblkan kegaduhan politik dan menggerus keunggulan Clinton sekaligus memberi keuntungan pada Trump.

Kekhawatiran investor jika Trump menang akan mengganggu ekonomi Mexico berangsur hilang setelah FBI menyatakan Clinton bersih. pernyataan FBI sekaligus mengembalikan keunggulan Clinton, seperti yang terlihat dalam sejumlah jajak pendapat.




Editor: Rosyid


Rosyid
07-11-2016 12:28