Main Menu

Kewalahan, Argentina Musnahkan Ribuan Berang-Berang

Rosyid
15-11-2016 14:17

Berang-berang (Gatranews/Biology Stack Exchange)

Ushuaia, GATRANews -Sebuah propinsi di Argentina menyatakan perang terhadap berang-berang. Pihak berwenang di propinsi Tierra del Fuego ini merencanakan untuk menghabisi seluruh berang-berang dari kepulauan di ujung selatan benua Amerika itu.

 

Diperkirakan ada sekitar 100.000 ekor berang-berang yang harus dimusnahkan. Butuh waktu 10 - 15 tahun untuk seluruhnya.

Menurut BBC, berang-berang bukan hewan endemik kawasan itu. Didatangkan dari Kanada untuk dibudidayakan disana sejak tahun 1946. Berang-berang adalah penghasil bulu untuk diperdagangkan. Karena tidak ada predator alaminya, berang-berang beranak pinak dengan cepat dan mengancam hutam alami yang dilindungi. 

Menurut petugas, situasi di Tierra del Fuego sudah tidak terkontrol lagi. "Mereka bisa memotong satu pohon kecil dalam beberapa jam dan satu pohon besar dalam beberapa hari. Kami bicara tentang pohon-pohon berusia 100 atau 150 tahun dan mereka tidak bisa tumbuh lagi," kata Erio Curto, Kepala Konservasi di wilayah itu



"Mereka memangkas pohon-pohon di tepi sungai sehingga airnya meluap dan menyebabkan banjir," tambahnya.

Binatang pengerat ini bisa menghancurkan daerah seluas dua kali kota Buenos Aires, ibukota Argentina.

Otoritas Argentina telah menandatangani kesepakatan untuk memusnahkan berang-berang dengan negara tetangga Chile karena wilayah Patagonia membentang di perbatasan kedua negara.

Pemusnahan itu didukung oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa dan kelompok-kelompok lingkungan.



Editor: Rosyid

Rosyid
15-11-2016 14:17