Main Menu

Fidel Castro Lolos dari 634 Plot Pembunuhan

Rosyid
26-11-2016 15:16

Fidel Castro saat pidato (Gatranews/Dok. AP)

Havana, GATRANews - Fidel Castro Ruz yang memimpin Kuba selama lima dekade meninggal dalam usia 90 tahun.Fidel Castro meninggal pukul 22.29 Jumat malam waktu setempat.   Dengan suara bergetar, Presiden Kuba Raul Castro  mengumumkan kabar itu di televisi.


Kesehatan Castro memburuk sejak sakit usus hampir membunuhnya pada 2006. Sejak saat itu kekuasaannya dipindahkan ke adiknya, Raul Castro yang kemudian menggantikannya sebagai Presiden.

Dia memimpin Kuba selama lima dekade setelah mengambil alih kekuasaan lewat revolusi 1959. Dia memimpin negara pulau tetangga Amerika Serikat itu dengan kharisma dan tangan besi. Saat Perang Dingin berlangsung dia menjadi salah satu tokoh sentral.

Amerika Serikat membencinya, sebaliknya kaum kiri menyanjungnya. Castro mengklaim dia berhasil lolos dari 634 upaya pembunuhan. Dia menuduh CIA berada di sebagian besar upaya menyingkirkannya seperti diceritakan laman ABC.  Pemerintah AS konon menghabiskan USD 1 miliar untuk membunuhnya.

Dimata pendukungnya dia adalah pembela kaum miskin. Castro adalah "Raksasa Dunia Ketiga", kata Agustin Diaz Cartaya, 85, yang bersama-sama Castro memulai revolusi tahun 1953. "Tidak ada seorangpun yang berbuat untuk Dunia Ketiga lebih besar dari Castro," katanya.

Selama lima dekade dia bekerja keras mengubah Kuba menjadi tempat dimana kesetaraan sosial dibangun. Dalam masa kekuasaannya, Kuba melahirkan begitu banyak dokter dan guru. Kuba menjadi negara dengan tingkat kematian bayi dan buta huruf paling kecil di belahan barat bumi.




Editor: Rosyid

Rosyid
26-11-2016 15:16