Main Menu

Tembakan Salvo Untuk Fidel Castro

Rosyid
29-11-2016 09:03

Havana, GATRANews - Kuba  menetapkan sembilan hari berkabung atas kematian Fidel Castro. Prosesi pemakamannya sudah dimulai. Pemerintah melarang musik, penjualan alkohol dan pertandingan baseball selama masa berkabung. Secara bersamaan di ribuan lokasi di Kuba, orang-orang diminta untuk berdoa bagi "konsep Revolusi", seperti yang dinyatakan Castro.


Menurut Presiden Cuba yang juga adik Fidel, Raul Castro, jasad mantan pemimpin revolusioner dikremasi seperti permintaannya pada Sabtu (26/11) sehari setelah kematiannya.  Abunya kemudian  disimpan dan dipajang di Jose Marti Memorial di Havana pada 2 8 - 29 November untuk publik.

Menurut ibtimes, dari 30 November sampai dengan  3 Desember abu Castro akan diarak lewat jalur napak tilas 'Caravan of Freedom' yaitu rute yang dipakai Castro dan pengikutnya saat melancarkan Revolusi 1959. Abu akan di arak sejauh 900 km hingga tiba di Santiage de Cuba pada 3 November. Esok harinya, 4 November abunya akan dimakamkan di pemakaman Santa Ifigenia di Santiago  de Cuba, yang juga menjadi tempat pemakaman Jose Marti dan para tokoh bersejarah Kuba lainnya.

Senin kemarin,  Ribuan warga Kuba pada Senin berkumpul di Lapangan Revolusi di Havana untuk memberikan penghormatan bagi mendiang pemimpin revolusi Kuba, Fidel Castro yang pernah memimpin Kuba selama setengah abad.

Para pemimpin Partai Komunis Kuba, pejabat tinggi pemerintahan dan pejabat tinggi militer, membentuk barisan di depan gambar Castro, pribadi yang dikenal luas dengan sebutan "El Comandante."

Rangkaian upacara penghormatan dimulai pada pukul 09.00 waktu setempat, ditandai dengan 21 tembakan salvo dari Benteng Cabana sebagai penghormatan oleh Angkatan Bersenjata Revolusioner (FAR) untuk Fidel.





Editor: Rosyid

Rosyid
29-11-2016 09:03