Main Menu

Ribuan Hektar Hutan AS terbakar, Tujuh Tewas

Rosyid
01-12-2016 19:16

Gatlinburg, GATRANews - Kebakaran hutan Great Smoky Mountains National Park di Tennessee menewaskan tujuh orang padahal hujan turun memmbasahi kawasan dan membantu pemadam kebakaran menjinakkan api.  Hingga Rabu (30/11) jumlah bangunan yang hancur lebih dari 700 unit. Separuh diantaranya di kota resor Gatlinburg.



Menurut data Departemen Kesehatan Tennessee, sebanyak 45 orang cidera karena api seperti dilaporkan Reuters, Rabu (30/11). Lebih dari 14.000 orang di sekitar Gatlinburg harus dievakuasi. Walikota Sevier County Larry Waters mengabarkan tiga orang yang terjebak api berhasil diselamatkan. Mereka sempat dirawat di rumah sakit namun sudah boleh pulang.

The Great Smoky Mountains National Park  tertutup untuk umum karena kebakaran yang meluas dan pohon yang bertumbangan. Kebakaran ini terjasi sejak Senin mamlam lalu, ketika api yang muncul di taman nasional itu bergerak sangat cepat karena dorongan angin kencang hingga 145 km/jam melahap apa saja yang dilewat, pohon kering, semak belukar hingga pondok dan rumah.

Hingga Rabu sore, api diperkirakan sudah menghanguskan kawasan seluas 15.700 ha. Kebakaran yang meluas bisa dicegah berkat hujan deras yang merata sejak Selasa Malam hingga Rabu.

Kepala Pemadam Kebakaran Gatlinburg  Greg Miller  mengatakan anak buahnya sibuk membersihkan jalanan dari tanah longsor dan  jaringan listrik. Langkah untuk mempermudah tim penolong bisa menjangkau kawasan yang lebih luas. 




Editor: Rosyid

Rosyid
01-12-2016 19:16