Main Menu

Jendral Marinir pengkritik Obama Jadi Calon Menhan AS

Rosyid
02-12-2016 14:57

Cincinatti, GATRANews - Presiden terpilih Donald Trump akan mencalonkan James Mattis sebagai menteri pertahanan.   pensiunan Jendral Marinir ini Mattis, punya julukan "Mad Dog" dan terkenal karena bicaranya yang keras. Dia pensiun pada 2013 setelah bertugas di Irak dan Afghanistan.


Keputusan Trump menominasikan Mattis semakin menegaskan arah kebijakan luarnegeri AS di masa depan yang akan menjauh dari garis yang dipilih Presiden Barack Obama. Saat ini, AS lebih mengandalkan sekutu-sekutunya untuk melawan kelompok-kelompok bersenjata di seluruh dunia. Juga membantu untuk me-deter Russia dan China di Eropa dan Asia.

Menurut Al Jazeera, Mattis dikenal kritis terutama tentang strategi AS di Timur Tengah yang disebutnya tanpa strategi. Dia bersikap agresif terhadap musuh-nya terutama Iran dan tidak mendukung perjanjian nuklir Iran. 

Salah satu ungkapan yang pernah dikeluarkan pada 2003 dihadapkan prajurit Marinir AS di Iraq adalah: "Bersikaplah sopan, jadilah profesional, tapi harus siap untuk membunuh semua orang yang kamu temui."

Menurut Reuters, Mattis pernah dipuji Menteri Pertahanan Robert Gates pada tahun 2010 sebagai salah satu pemikir strategis terbesar yang pernah dimiliki AS. 

Trump menggambarkan  Mattis sebagia pria yang kuat, bermartabat, persuasif dan menentang taktik integrosasi dengan peyiksaan. 

Mattis pernah memimpin Central Command yang mengawasi operasi militer di Timur Tengah dan Asia Selatan. Namun penunjukkan Mattis mungkin akan mendapat kendala dari Kongress dimana ada aturan dimana kandidat Menteri Pertahanan sudah pensiunan/tidak dalam tugas aktif dalam tujuh tahun terakhir.


 

Editor: Rosyid

Rosyid
02-12-2016 14:57